Massa otot mulai berkurang di usia sekitar 40 tahun, risiko terserang berbagai penyakit juga meningkat, karena itu, sebaiknya penuhi dengan asupan vitamin dan mineral yang cukup.(Fotolia)

Perubahan paling drastis pada seseorang saat memasuki usia parobaya adalah mulai gemuk, dan risiko penyakit jantung serta kanker atau risiko penyakit lainnya juga mulai bertambah. Kristin Kirkpatrick, ahli gizi terdaftar di divisi manajemen kesehatan Cleveland Clinic, AS mengatakan, bahwa massa otot di usia sekitar 40 tahun mulai berkurang, risiko menderita berbagai penyakit juga meningkat, salah satu solusinya adalah penuhi dengan asupan vitamin dan mineral yang cukup.

Berikut tujuh nutrisi utama yang mutlak diperlukan setelah memasuki usia 40 tahun :

1. Vitamin B12

Vitamin B12 merupakan satu-satunya vitamin yang mengandung logam (cobalt) dalam struktur molekulnya. Kurangnya vitamin ini dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf dan anemia berat. Seiring dengan penuaan fisik, maka sejak memasuki usia 50 tahun, sekresi asam lambung juga akan berkurang, sehingga membuat penyerapan vitamin B12 menjadi buruk. Karena itu, setelah di atas usia 40 tahun, sebaiknya penuhi dengan asupan vitamin B12, untuk menjaga fungsi normal dari darah dan otak.

2. Kalsium

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tulang, kontraksi otot, saraf dan jantung serta operasional organ vital lainnya juga membutuhkannya. Kebutuhan tubuh akan kalsium itu cukup besar, karena itu ia (kalsium) diklasifikasikan sebagai salah satu mineral bervolume besar. Jika asupan kalsium tidak memadai, maka tubuh kita akan mengambil kalsium dari tulang, sehingga tulang menjadi rapuh. Lagipula dengan menjaga konsentrasi ion kalsium yang normal dalam plasma, baru bisa menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung yang normal. Selain itu, kalsium juga berperan penting dalam kontraksi otot.

3. Vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang mutlak dibutuhkan dalam pertumbuhan metabolisme tulang, agar kalsium dan fosfor bisa secara efektif diserap oleh tubuh dan dimanfaatkan untuk memproduksi tulang yang kuat.

4. Magnesium

Magnesium adalah mineral terbanyak ke empat dalam tubuh manusia, selain menjaga kesehatan otot dan saraf, juga berperan mengatur tekanan darah, membantu tubuh menyerap kalsium. Kekurangan magnesium berhubungan dengan penyakit jantung, diabetes dan peradangan.

5. Kalium

Kalium memiliki peran penting dalam mengendalikan tekanan darah, dengan menyerap 3.1 gr kalium sehari-hari dari makanan, dapat membantu mengurangi risiko stroke pada kaum wanita pasca menopause.

6. Asam lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, menurunkan risiko penyakit jantung dan dapat membantu menjaga daya ingat serta ketajaman otak. Selain itu juga dapat mengurangi dampak negatif akibat penuaan.

7. Bakteri probiotik

Setelah memasuki usia 40 tahun, dimana karena mulai berkurangnya massa otot, sehingga lebih rentan menambah berat badan dan resistensi insulin, karena itu penting sekali memenuhinya dengan bakteri probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan tidak menambah berat badan. Selain itu juga bisa mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan stroke.(Jhn/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular