JAKARTA – Komunitas Performance Art Di Jakarta atau PADJAK merupakan sebuah inisiatif untuk mengembangkan performance, live art dan happenings art di Jakarta dalam bentuk riset, praktek, tulisan dan dokumentasi. Bulan November 2015 ini, Komunitas PADJAK akan menyelenggarakan pameran bertajuk “Nir-Absolut” di Hall The Japan Foundation, Jakarta.

Judul “Nir-Absolut” dipakai dalam usaha untuk meleburkan citra-citra seni yang sudah melembaga. Japan Foundation Jakarta dalam keterangannya, Senin (16/11/2015) menyebutkan corak yang ingin dihadirkan dalam pameran ini adalah karya-karya yang dari segi teknik presentasi mengutamakan material-material, peralatan dan perlengkapan yang sederhana.

Pameran ini tidak mengutamakan dan mengharuskan suatu presentasi-display karya yang canggih, mutakhir dan spektakuler. Terlebih, pameran ini mengedepankan hal-hal relatif, alternatif dan sederhana yang justru meringankan beban-beban artistik yang mungkin selama ini membebani seniman dalam menghasilkan karya-karya seninya.

Pameran Komunitas PADJAK bertajuk Nir-Absolut” akan berlangsung di Hall The Japan Foundation, Jakarta di Gd. Summitmas I Lt. 2 Jl. Jend. Sudirman Kav 61 – 62, Jakarta, 17-26 November 2015. Acara ini dibuka langsung oleh Director General The Japan Foundation, Jakarta, Tadashi Ogawa.

PADJAK (Performance Art di Jakarta) adalah sebuah inisiatif untuk mengembangkan seni performens, live art dan happenings di ibukota Indonesia, Jakarta dalam bentuk riset, praktek, tulisan dan dokumentasi.

Mengangkat tajuk Nir-Absolut bukan pagelara yang pertama kalinya digelar oleh komunitas Padjak. Sebelumnya, sejumlah tema juga pernah digelar pada sejumlah tempat di Jakarta. Misalnya saat mengangkat pameran bertemakan “Instant” diselenggarakan di Taman Ayodya Jakarta Selatan. Performance lainnya bertemakan “Pesta” digelar di Kota Tua, Jakarta Barat. (asr)

Share

Video Popular