Ilustrasi smartphone dan tablet PC (Fotolia)

Peneliti keamanan menemukan bahwa lebih dari 30 jenis tablet Android murah buatan Tiongkok yang dijual di Amazon dan platform bisnis online, telah dipre-instal perangkat lunak berbahaya. Sehingga konsumen di 150 negara merasa tidak nyaman dengan gangguan ini. selain itu, peneliti keamanan terkait juga menderetkan beberapa merk tablet PC dan komputer yang dipre-instal malware, kepada konsumen sebaiknya hindari merk-merk ini.

Melansir laman “Business Insider” (14/11/2015), dalam ulasan pelanggan Amazon dan pesan dari korban di forum Android, sempat disinggung tentang Trojan Cloudsota, seghubungan dengan itu, pihak Cheetah Mobile Security Labs memutuskan untuk mempelajari masalah ini.

CloudSat dipasang di lebih dari 30 jenis tablet murah dari pabrikan yang tidak dikenal di Tiongkok. Trojan ini akan memasang adware atau malware pada tablet terkait, kemudian secara diamn-diam akan menghapus perangkat lunak antivirus apa saja yang diinstal pengguna. Trojan tersebut telah ditelusuri dan disinyalir berasal dari provinsi Guangdong, Tiongkok.

Cloudsota ini bahkan akan membuat tablet PC anda selalu dimunculkan dengan iklan pop-up yang tak ada habisnya, atau mengganti halaman muka Android saat start. Malware ini juga mampu mengubah home page browser atau mengarahkan hasil pencarian ke halaman web iklan dan lain sebagainya yang tidak kita inginkan.

 Trojan ini tertanam dalam sistem operasi Tablet PC, sehingga meskipun telah dihapus peneliti, Trojan itu akan muncul kembali saat pengguna me-restart perangkat lunaknya. Tablet-tablet PC yang telah dipasangi Trojan ini dijual secara online di Amazon dan situs lainnya, ada beberapa yang tidak ber-merk, tapi dijual oleh perusahaan online tertentu ; ada yang ber-merk, tapi dijual oleh oknum/penjual yang kedengarannya tidak seperti nama sebuah perusahaan.

Para peneliti memperkirakan bahwa sekitar 17.233 tablet PC telah dipasangi Trojan dan telah dijual kepada konsumen di 150 negara, dan negara dengan jumlah tablet PC terbesar yang terinfeksi adalah Amerika Serikat, Meksiko, Turki, Spanyol dan Rusia. Namun, lebih banyak tablet PC yang tersimpan dalam gudang pedagang untuk persediaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Berdasarkan hasil penelusuran Cheetah Mobile Security Labs dan “Insider Bisnis” di Amazon, kepada konsumen sebaiknya hindari membeli daftar merek tablet PC Android berikut ini : Fusion5, Tagital, Rockchip, Yuntab, WonderMedia, Allwinner, SoftWinners, JYJ, JEJA dan NATPC.

Para peneliti menyarankan, sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk, sebaiknya simak dulu pesan dari customer. Jangan karena tergiur dengan harganya yang murah lalu membeli tablet-tablet ini. Bagi mereka yang sudah terlanjur membeli tablet yang terinfeksi ini, sebaiknya mintalah petunjuk dari pakarnya cara menghapus Trojan ini. (Jhon/asr)

Share

Video Popular