Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 40% kanker itu sebenarnya dapat dicegah.(Fotolia)

Kanker merupakan suatu penyakit peradaban, gaya hidup yang tidak sehat adalah penyebab utamanya. Menurut sebuah studi di American Institute for Cancer Research dan the World Cancer Research Fund disebutkan, bahwa lebih dari 40% kanker itu sebenarnya dapat dicegah!

Karena, di Amerika Serikat, dimana jika pola atau kebiasaan makan itu sehat rasional, dan aktif dalam olahraga fisik, menjaga berat badan ideal, maka momok (kanker) itu bisa diturunkan : menurunkan 70% risiko terserang kanker rahim, 69% risiko kanker esofagus (kanker kerongkongan), 63% risiko kanker mulut, 47% risiko kanker lambung, 45% risiko kanker kolorektal, 39% risiko kanker pankreas, 38% risiko kanker payudara, 36% risiko kanker paru-paru, 24% risiko kanker ginjal, 21% risiko kanker kandung empedu, 15% risiko kanker hati, 11% risiko kanker prostat dan risiko terserang kanker-kanker ganas terkait.

Tiga jenis kanker terdepan yang erat kaitannya dengan gaya hidup, masing-masing adalah kanker rahim, kanker kerongkongan dan kanker mulut. Selama bisa mengubah gaya hidup, maka rasio timbulnya penyakit kanker secara keseluruhan dapat diturunkan 34%, dan rasio terjadinya segala jenis penyakit kanker menurun 24%.

Kalau begitu, bagaimana cara menghindari risiko dihinggapi ke tiga jenis kanker tersebut dalam kehidupan sehari-hari ?

Mencegah kanker kerongkongan : Jauhkan diri Anda dari makanan panas dan makanan cepat saji

Menyantap makanan yang diasinkan (acar), makanan cepat saji, atau selalu mengonsumsi makanan panas, makanan pedas, merokok, menenggak minuman keras juga merupakan faktor penyebab utama kanker esophagus atau kanker kerongkongan. Senyawa nitrosamine yang terkandung dalam makanan yang diawetkan (makanan yang diasinkan) adalah jenis karsinogen yang sangat keras, dan ini adalah faktor utamanya. Namun, hasil penelitian terbaru di Amerika Serikat menunjukkan, bahwa dengan mengonsumsi segelas anggur sehari dapat menurunkan 56 % risiko lesi pra kanker dan kanker rongga mulut.

Mencegah kanker mulut : Berhenti merokok dan minuman keras

Laporan the World Cancer Research Fund menyebutkan, bahwa lebih dari 40% kanker mulut itu berhubungan dengan alkohol. Oleh karena itu, untuk mencegah kanker mulut, hal yang paling penting adalah hindari merokok, minuman keras dan mengunyah/mengemam buah pinang, selain itu juga perlu menjaga kebersihan mulut.

Menghindari kanker rahim : Minum teh hijau

Kanker serviks dan kanker endometrium adalah kanker yang paling rentan terjadi pada bagian rahim perempuan. Kanker serviks itu memiliki kaitan tertentu dengan pernikahan dini, masa produktif (kesuburan wanita-red), seksual dini, gangguan seksual dan sejenisnya. Sementara kanker endometrium berhubungan dengan usia hidup manusia, gizi yang berlebihan dan penyalahgunaan estrogen. Ilmuwan di AS menghimbau, jangan terlampau sering menggunakan selimut listrik, lebih baik minum teh hijau sekali setiap hari, sering-sering melakukan pekerjaan rumah (tangga) dan sebagainya. (Jhn/Yant)

Share

Video Popular