Dr. Annette percaya bahwa banyak dokter dan pasien berfokus pada tiroid, mereka mengabaikan akar permasalahan yang lebih dalam pada sistem endokrin – kelenjar adrenal.

Epoch Times berhasil mewawancarai dr. Annette untuk lebih memahami sifat permasalahan tiroid, bagaimana peran adrenal, dan pendekatan penyembuhan yang bebas dari obat. Artikel ini adalah bagian yang terakhir.

ET: Pemahaman konvensional adalah sekali Anda didiagnosis menderita hypothyroidism, Anda akan berobat seumur hidup. Apakah ada alternatif bagi hormon sintetis, dan dapatkah ketidakseimbangan tiroid disembuhkan?

Dr. Annette: Saya tidak percaya seseorang harus menjalani pengobatan seumur hidup. Ada alternatif luar biasa untuk hormon sintetis, dan jika mereka tidak menghancurkan kelenjar tiroid melalui obat-obatan, atau menekannya dan menyebabkan atrofi karena mengonsumsi dosis yang sangat tinggi selama bertahun-tahun, tentu saja ketidakseimbangan tiroid dapat disembuhkan.

Ada beberapa herbal kunci. Salah satunya adalah bladderwrack (sejenis rumput laut). Hal ini khusus untuk hipotiroid. Apa yang menakjubkan tentang bladderwrack adalah telah terbukti restoratif. Jadi bukan hanya fakta bahwa ia bisa meningkatkan TSH, T4, T3, dan perubahan, semua itu sebenarnya restoratif bagi kelenjar tiroid.

Ramuan kunci lain adalah ashwagandha, terkadang disebut Withania. Ashwaganda juga telah menunjukkan dapat meningkatkan TSH. Jadi apa pun yang meningkatkan TSH pada dasarnya meningkatkan sumbu HP (hipotalamus hipofisisaxis) – regulator sistem endokrin. Tapi ashwaganda juga meningkatkan produksi T4, T3, konversi T4 ke T3 dan juga membantu menormalkan kortisol, serta membantu tubuh beradaptasi dengan stres.

Dan Anda tidak bisa mengesampingkan yodium, kita tidak bisa meninggalkan jejak mineral (selenium dan magnesium), karena mereka adalah hal yang diperlukan tiroid agar berfungsi dengan baik.

Anda harus mengajukan pertanyaan: Jika tubuh tidak cukup memproduksi hormon lalu mengapa? Apakah ia mendapatkan sinyal yang tepat dari hipofisis? Jadi pikirkan skenario ini: TSH meningkat. Membebaskan T4 dan T3 turun. Hipofisis baik-baik saja tapi tiroid tidak merespon. Jadi kita harus mempertimbangkan untuk membantu apa yang dibutuhkannya. Bukan hanya memberikan T4, yang merupakan respon pengobatan konvensional, mengapa tidak hanya melihat nutrisi yang diperlukan? Mengapa kita tidak melihat yodium, dasar yang luas dari vitamin B, jejak mineral? Mengapa tidak melakukan itu bukan dan membiarkan tiroid meningkat karena sekarang ia mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Ini adalah salah satu keterbatasan dalam pengobatan konvensional, tanpa diragukan lagi, karena mereka tidak pernah merujuk masalah gizi. Mereka mengatakan yodium itu tidak masalah dan sekali mengonsumsi obat, Anda akan selalu berada disana.

ET: Melihat melalui protokol pengobatan Anda, pasti tidak ada satu ukuran yang cocok bagi semua hal di sini. Ada begitu banyak faktor dan variabel yang perlu dipertimbangkan. Kita tidak memiliki waktu ataupun ruang untuk mengamati secara detail tentang semuanya, tapi bisakah Anda mendata jenis-jenis pertimbangan yang Anda lakukan ketika mengevaluasi sistem endokrin seseorang.

Dr. Annette: Selalu dimulai dengan riwayat kesehatan yang baik. Dapat menjadi bernilai mengamati kimia darah. Sampai kita mendapatkan beberapa pengujian air liur yang benar-benar baik untuk tiroid, darah masih akan menjadi tempat untuk mengamati. Anda hanya perlu untuk lebih lengkap.

Anda harus memiliki pandangan yang lebih menyeluruh terhadap tiroid, tetapi Anda harus mengevaluasi adrenal dengan ini.

Kompleksitas kasus tergantung pada tingkat pengujiannya. Pada kasus yang paling kompleks, saya akan melihat statusnya mineral, kimia darah, dan melihat adrenal dalam pengujian air liur, mendapatkan sebuah jendela ke usus dan melihat apa yang terjadi. Akan tetapi semua orang begitu individu, semua orang begitu unik.

Dari sana saya mencari hal-hal yang multitask. Misalnya, jika saya menemui seseorang dalam keadaan autoimun, saya tahu bahwa ada kaskade inflamasi kronis yang terjadi. Jadi kita perlu mematikannya, serta mendukung sistem kekebalan tubuh. Saya akan mencari herbal seperti Boswellia dan kunyit yang saya tahu dapat mematikan kaskade inflamasi tersebut. Lalu saya memeriksa dalam kondisi apa tiroidnya dan dalam kondisi apa adrenalnya. Dengan menggabungkan herbal tertentu saya bisa menciptakan landasan yang benar-benar kokoh untuk memberi asupan baik tiroid maupun adrenal.

Dari sana, saya menggunakan makanan utuh vitamin B, [vitamin] C yang lengkap, yodium atau rumput laut, mulai menutrisi kelenjar juga. Saya pastikan mereka memiliki mineral yang memadai dan lemak yang baik. Hal ini menjadi bagian dasar untuk membangun.

Bagi saya, diagnosis ini begitu jauh di hilir dari segala sesuatu yang menyebabkan peristiwa ini. Di hulu, saya berpikir tentang komunikasi apa yang terlihat dari hipofisis ke bawah. Dan lebih jauh ke belakang, saya kira adrenal, sistem kekebalan tubuh, usus, hati. Anda tahu, konversi T4 ke T3 terutama terjadi melalui hati. Bagaimana jika Anda punya hati yang macet?

Jadi Anda mengambilnya kembali dan menutrisi tubuh apa ia inginkan. Maka ia akan memprioritaskan. Ia akan berkata, “Hal pertama, saya harus menenangkan peradangan.”

Sekali lagi, tubuh ingin menjadi baik, dan lebih pintar dari kita pernah bayangkan. Jadi ketika kita cerdas dan tidak berada di atas (ini tidak seperti 50 suplemen yang berbeda), disaat kita cerdas tentang apa yang kita pilih dan memberi asupan tubuh apa yang dibutuhkan, maka ia akan memprioritaskannya sendiri.

Tetapi jika tubuh tidak memiliki apa yang dibutuhkan, hal itu akan merampok Peter, untuk membayar Paul, membayar Tom, membayar Bill atau siapa saja, sepanjang hari setiap hari. (Ajg/Yant)

Share

Video Popular