Mempunyai bayi pintar dan cerdas adalah impian setiap ibu. Semua ini tergantung pada diet sang ibu. Jika seorang ibu tidak mengonsumsi suplemen yang tepat seperti diantaranya asam folat, vitamin D, zat besi, ada kemungkinan jika kekurangan suplemen tersebut dapat menyebabkan bayi lahir lemah mental dan juga masalah perilaku.

Apa yang wanita makan selama kehamilan memengaruhi perkembangan fisik dan mental bayi yang mereka kandung. Selama kahamilan dianjurkan mengonsumsi beberapa makanan yang akan meningkatkan kekuatan otak anak. Tak hanya selama kehamilan, bahkan sewaktu memutuskan untuk hamil dianjurkan untuk mengonsumsi mekanan tersebut.

Suplemen dan makanan dapat meningkatkan IQ (intelligence quotient) bayi. Juga harus merangsang pertumbuhan otak bayi setelah ia lahir dengan memberinya nutrisi penting yang dibutuhkan bagi otak.

Berikut beberapa jenis makanan yang wajib dikonsumsi para wanita selama kehamilan untuk mendapatkan bayi cerdas.

Ikan

Ikan seperti salmon, tuna, mackerel dll kaya asam lemak omega-3. Hal ini penting untuk perkembangan otak bayi. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa ibu-ibu yang makan kurang dari dua porsi ikan per minggu melahirkan bayi dengan IQ rendah dibandingkan dengan bayi yang lahir dari ibu yang makan setidaknya dua porsi ikan per minggu.

Telur

Telur kaya akan asam amino kolin, yang meningkatkan perkembangan otak dan memori pada bayi. Wanita hamil dianjurkan makan dua telur yang menyediakan setengah jumlah kolin harian yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Telur juga mengandung protein dan zat besi yang meningkatkan berat bayi lahir. Berat bayi lahir rendah yang berhubungan dengan menurunkan IQ.

Yogurt

Tubuh ibu hamil bekerja keras untuk pembentukan sel-sel saraf bayi dalam rahim. Untuk ini, ibu hamil harus memiliki protein tambahan. Harus makan makanan yang kaya protein seperti yoghurt selain dari sumber protein lainya. Yoghurt juga mengandung kalsium yang juga dibutuhkan selama kehamilan.

Bayam, ayam tanpa lemak dan kacang-kacangan

Mereka kaya akan zat besi yang membuat bayi Anda lebih pintar. Harus dikonsumsi selama kehamilan Anda. Zat besi membantu untuk mengirim oksigen ke sel-sel otak bayi selama kehamilan. Juga dapat mengonsumsi suplemen zat besi dari saran dokter Anda.

Bluberi

Buah-buahan seperti bluberi, artichoke, tomat, dan kacang merah kaya akan antioksidan dan wajib dikonsumsi selama kehamilan. Buah ini melindungi jaringan otak bayi dan membantu dalam perkembangannya.

Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ibu yang tingkat vitamin D kurang dari normal selama kehamilan, melahirkan bayi dengan kekuatan otak rendah. Ibu hamil harus mengonsumsi suplemen vitamin D termasuk paparan sinar Matahari. Juga harus mengonsumsi telur, keju, daging sapi, hati, dll sebagai sumber vitamin D.

Yodium

Kekurangan yodium selama kehamilan, terutama pada 12 minggu pertama, menyebabkan IQ rendah pada anak-anak. Ibu hamil harus mengonsumsi garam beryodium selama kehamilan. Selain itu mengonsumi ikan laut, tiram, telur, yoghurt, dll yang juga sebagai sumber yodium.

Vitmain prenatal dengan asam folat

Asam folat sangat penting untuk pembentukan sel-sel otak pada bayi Anda. Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa wanita hamil yang mengonsumsi asam folat 4 minggu sebelum dan 8 minggu setelah kehamilan memiliki peluang 40 persen lebih sedikit dari melahirkan bayi autis. Sumber asam folat adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam lentil dll, juga diharuskan mengonsumsi suplemen asam folat bersama dengan vitamin B12.

Share

Video Popular