Hal yang paling menjengkelkan saat menggunakan Email, adalah tanpa sengaja membuka email berisi virus, akibatnya komputer kena virus atau menjadi error. (Fotolia)

Hal paling menjengkelkan saat menggunakan Email, adalah tanpa sengaja membuka email berisi virus, akibatnya komputer kena virus atau menjadi eror. Untuk mencegah hal terkait, Gmail Google akan segera menambahkan fitur baru yang akan memperingatkan pengguna jika ada email yang dikirim dari koneksi tidak terenkripsi.

Melansir laman Immortal (14/11/2015) lalu, untuk mengatasi hal itu, Gmail Google akan segera meluncurkan fitur baru tambahan, yaitu sebuah sistem baru yang akan memberi notifikasi pada pengguna jika menerima email melalui koneksi yang tidak aman. Walaupun penggunaan enkripsi untuk email yang dikirim ke pengguna Gmail meningkat, namun hal ini tak menjamin seratus persen keamanan email. Masih banyak ancaman yang mengincar email terenkripsi dan menyebabkan email tersebut dapat dibaca pihak lain, seperti terungkap dalam penelitian yang dilakukan oleh University of Michigan dan University of Illinois.

Tindakan ini memungkinkan pengguna melindungi diri dari kemungkinan berada di bawah ancaman informasi yang diungkapkan.Namun, jika dari pengguna Gmail, maka anda tidak akan menerima lebih dulu peringatan Gmail, karena Gmail beroperasi dalam bentuk HTTPS. Namun, ketika Anda menerima email dari satu server mail yang tidak terenkripsi, maka Anda akan lebih dulu mendapatkan peringatan dari Gmail, yang menerangkan ketidak-amanan dari pesan terkait.

Google mengakui, bahwa untuk menghilangkan segala bentuk ancaman keamanan Email itu adalah mustahil. Bahkan meskipun data terkait dienkripsi juga tetap akan diserang, karena oknum yang tidak bertanggung jawab akan mencoba mengutak-atik Link/koneksi keamanan SSL.

Menurut sumber dari Google, bahwa ketika hacker sedang mencari Gmail, ia akan berusaha mendapatkan SSL dengan cara memanipulasi Routing Information dari server DNS, namun, cara ini hanya akan berefek pada non-penggunan Gmail. Bagi Google sendiri, upaya untuk terus membendung ancaman-ancaman tersebut merupakan usaha yang tidak pernah berhenti. Langkah ini diambil Google agar pengguna tahu berapa banyak email tidak aman yang mereka terima. (Jhon/asr)

Share

Video Popular