Keterangan foto: Xi Jinping menyebutkan kepada Obama “Dua tahun periode stabilisasi”, ini menunjukkan jadwal untuk langkah besar berikutnya. (Chris Kleponis-Pool/Getty Images)

Oleh: Liu Xiaozhen

Semasa kunjungan Xi Jinping ke Amerika Serikat pada akhir September lalu, Obama mengadakan jamuan dinner pribadi khusus untuk Xi Jinping. Ada media Hongkong “Zheng Ming” di edisi XI melaporkan, di dalam pembicaraan kedua petinggi Negara itu, Xi Jinping menyatakan, “Ia membutuhkan dua tahun periode stabilisasi demi mewujudkan pengendalian menyeluruh terhadap militer dan demi memenangkan waktu restrukturisasi kekuasaan elit.”

Diterjemahkan ke dalam bahasa diplomasi, berarti selama dua tahun ke depan tidak ada perang (yang dilancarkan PKT). Pada akhir September itu, kunjungan kenegaraan Xi Jinping ke AS, pada malam harinya, 24 September 2015 waktu setempat, Obama mengadakan makan malam pribadi untuk Xi Jinping di Blair House dan telah berunding selama lebih dari 3 jam.

Dialog malam itu belum dipublikasikan. Namun di hari berikutnya, Xi Jinping menyebut percakapan 3 jam itu membuatnya “sangat terkesan”, pada kesempatan lain Obama pun menimpali “amat sangat produktif (extremely productive)” dalam mengevaluasi dialog itu.

Dari laporan “Phoenix Weekly” terlihat, untuk kunjungan Xi Jinping itu Gedung Putih telah mempersiapkan dengan penuh kehangatan dan cermat. Di dalam Gedung Putih telah diadakan pertunjukan menarik dan Xi Jinping dengan tersenyum sempat bersalaman dengan penyanyi R & B Ne-Yo dan saling berinteraksi, suasana malam yang riang. Di keseluruhan malam itu Xi Jinping berinteraksi penuh dengan Obama, demikian pula yang terjadi dengan Peng Liyuan dan Michelle terlihat bercakap dengan akrab.

Komentator Shi Jiutian mengatakan, Xi Jinping menyebutkan kepada Obama “Dua tahun periode stabilisasi”, ini menunjukkan jadwal untuk langkah besar berikutnya. Dengan kata lain, sangat mungkin dalam dua tahun ke depan, Xi Jinping akan dapat secara tuntas mengokohkan kekuasaannya dan meringkus Jiang Zemin. (whs/rmat)

 

Share

Video Popular