Sebagai makhluk sosial, tentu kita tidak bisa hidup sendiri di dunia ini. Hidup rukun, harmonis dan berdampingan dengan orang lain ( tetangga )penting adanya, karena dapat membuat kita merasa aman, nyaman dan tetangga kita akan senang membantu,saat kita perlukan juga.

Berikut cara untuk menjadi tetangga yang baik.

Tidak bersikap usil atas masalah pribadi tetangga

Jika ingin mengharapkan tetangga Anda bersikap baik pada Anda, maka Anda yang pertama seharusnya bersikap baik dan ramah terlebih dahulu. Dan perlu diingat juga, bahwa Anda seharusnya tidak bersikap usil terhadap masalah pribadi dari tetangga Anda.

Hal ini penting adanya, karena setiap orang mempunyai masalah pribadinya sendiri, sehingga tidak suka dicampuri juga.

Jadi, Anda hanya perlu bersikap baik dan ramah, serta bersikap peduli untuk menghargai privasi serta dapat bertoleransi dengan tetangga Anda. Dengan demikian, akan mudah bagi Anda untuk dapat hidup rukun dan harmonis berdampingan dengan tetangga Anda

Menciptakan suasana yang bersahabat

Salah satu cara penting untuk menjadi tetangga yang baik adalah dapat menciptakan suasana yang ramah dan bersahabat dengan tetangga Anda. Anda dapat memberikan senyuman yang ramah dan sapaan ramah seperti mengucapkan halo, hai,, jika bertemu dengan tetangga Anda. Jika Anda mendapatkan tetangga baru, Anda juga dapat menyapa,seraya memperkenalkan diri padanya. Atau sekedar memberikan rincian informasi dari hal-hal yang penting yang rutin terjadi di lingkungan Anda.

Jangan membuat bising

Musik adalah baik, tetapi volume tidak harus mengganggu orang lain. Ada banyak orang yang telah berpindah rumah mereka hanya karena bising. Apakah Anda berencana untuk pesta dengan musik? Sebelumnya harap informasikan ke tetangga jika Anda ingin hubungan jangka panjang.

Jika Anda suka mendengarkan musik, sebaiknya dengan volume yang kecil, sehingga tidak mengganggu kenyamanan dan ketenangan tetangga Anda. Ketika ingin mengadakan pesta musik, sebaiknya Anda dapat berkomunikasi dan meminta ijin dari tetangga Anda terlebih dahulu. Dengan demikian, akan tercipta suasana yang rukun, harmonis dan saling menghargai serta bertoleransi diantara Anda dengan tetangga Anda.

Mengendalikan hewan peliharaan (anjing)

Ya, anjing suka mengonggong; tapi membiarkan anjing Anda menggonggong malam hari bisa mengganggu tetangga. Jadi, lebih baik untuk mengontrol anjing Anda. Anda tidak tahu bagaimana jadinya mereka, setelah seharian lelah di kantor yang sibuk ketika anjing Anda mulai menggonggong. Jika Anda tidak mampu mengendalikan anjing Anda, lebih baik untuk berkonsultasi dokter hewan.

Kebersihan

Ini adalah salah satu cara penting untuk menjadi tetangga yang baik. Umumnya, setiap orang suka akan lingkungan yang bersih, sehingga Anda sebaiknya dapat selalu menjaga kebersihan rumah dan juga sekitar pekarangan rumah. Selain Anda sendiri merasa nyaman dalam rumah Anda, juga dapat memberi kesan dan pandangan yang baik dari tetangga Anda nantinya. Perlu diingat, bahwa rumah yang indah dan bersih, mencerminkan kepribadian dari pemiliknya juga.

Mengemudi dan memparkir kenderaan

Dalam berkendaraan dan memarkir kenderaan, juga mempunyai etika yang harus dipatuhi. Jangan mengganggu orang lain dengan musik keras dan menghindari sorot lampu mobil mengarah ke jendela tetangga. Parkir mobil juga harus dilakukan dengan cara yang bernar tanpa menimbulkan gangguan bagi orang lain..

Mengadakan pesta kecil

Tip penting lainnya adalah sesekali Anda mengadakan pesta kecil bersama dengan para tetangga Anda. Hal ini penting, untuk saling mengenal, saling berkomunikasi serta mempererat hubungan yang baik dan harmonis, di antara Anda dengan para tetangga.(Anai)

Share

Video Popular