Keterangan gambar: Tim penjinak bom Prancis tiba di lokasi penemuan. (foto Twitter)

Oleh Hong Wei

Anggota inspeksi kasus menemukan sebuah benda yang diduga adalah rompi bom bunuh diri dalam tempat sampah. Pihak keamanan kemudian menutup jalan-jalan sekitar lokasi penemuan, tim pejinak bom Prancis dikirim untuk melakukan investigasi lebih lanjut.

Kepolisian Paris mengatakan, pihak berwenang sedang melakukan investigasi untuk memastikan apakah benda yang ditemukan dalam tempat sampah di Montrouge itu mengandung bahan peledak. Tetapi laporan BFM TV Prancis melaporkan bahwa benda yang mirip rompi bom bunuh diri yang ditemukan itu mengandung bahan peledak TATP (triacetone triperoxide) yang digunakan teroris dalam serangan di Paris pada 13 November 2015 lalu.
Pemerintah Prancis hingga kini belum secara resmi menyatakan hubungan antara benda tersebut dengan serangan teroris di Paris. Namun BFM TV dan media Le Monde Senin malam memberitakan bahwa dalam pelacakan terhadap tersangka utama serangan terror Paris, Salah Abdeslam, pihak keamanan melalui ponsel Salah mengetahui bahwa tersangka telah mendatangi tempat ini beberapa saat setelah serangan teror.

Analis terorisme dari CNN, Paul Cruickshank menjelaskan, yang menjadi pertanyaan besar sekarang adalah, “Apakah benda itu milik Salah Abdeslam? Jika iya, mengapa baru ditemukan 10 hari setelah serangan terror?”

Hal utama yang menjadi tantangan pihak investigasi Prancis adalah memastikan siapa pemilik rompi tersebut.

“Jika terbukti bukan milik Salah, maka berarti masih ada seorang teroris berbahaya yang belum kita semua ketahui,” kata Paul Cruickshank lebih jauh. (Sinatra/rmat)

Share

Video Popular