Gigi dan gusi yang sehat tidak hanya membuat senyum Anda indah, tetapi juga menunjukkan kesehatan mulut yang baik. Mulut berfungsi sebagai pintu gerbang ke tubuh kita. Jika itu tidak sehat, mempengaruhi tubuh kita juga. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan yang tepat. Dan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi diperlukan cukup asupan vitamin dan mineral.

Berikut jenis vitamin yang akan menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda.

Vitamin A

Vitamin A memainkan peran penting dalam pembentukan jaringan ikat yang sehat dari tulang lunak dalam gusi. Itu yang membuat gusi menjadi sehat dan membantu untuk menjaga aliran saliva ( ludah ) yang baik dalam mulut. Beberapa sumber utama vitamin A adalah sayuran berdaun hijau, wortel, mangga, kentang manis dan minyak ikan.

Vitamin B

Vitamin B dapat meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan, mengurangi peradangan lidah serta mengobati penyakit sariawan. Vitamin B ditemukan dalam kacang-kacangan, daging dan sayuran hijau.

Vitamin C

Vitamin C dapat memperkuat gusi, membuatnya lebih tahan terhadap serangan bakteri dan mempercepat proses penyembuhan. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan peradangan dan pnrdarahan pada gusi. Beberapa sumber dari vitamin C adalah buah, melon, jambu biji, paprika merah dan buah jeruk.

Vitamin D

Vitamin D dapat membantu dalam penyerapan kalsium. Ini adalah elemen penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin D dapat menjaga, menyehatkan serta menguatkan gusi dan mengurangi risiko gingivitis. Makanan kaya vitamin D termasuk telur, susu dan ikan.

Vitamin K

Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah. Kekurangan vitamin K adalah salah satu penyebab utama timbulnya gusi berdarah dan kondisi mulut yang tidak sehat. Sumber makanan yang kaya vitamin K, seperti kacang kedelai dan sayuran berwarna hijau.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular