Keterangan foto: Departemen Perdagangan AS pada Selasa (24/11/2015) mengumumkan pertumbuhan ekonomi AS kuartal ketiga yang sudah direvisi menjadi naik sebesar 2.1%, lebih tinggi dari perkiraan kasar bulan lalu yang 1.5%. (Getty Images)

Oleh Wu Ying

Setelah Departemen Tenaga Kerja menunjukkan laporan tentang membaiknya kondisi lapangan kerja yang diterbitkan pada 6 Oktober lalu, Departemen Perdagangan AS pada Selasa (24/11/2015) mengumumkan pertumbuhan ekonomi AS kuartal ketiga yang sudah direvisi menjadi naik sebesar 2.1%, lebih tinggi dari perkiraan kasar bulan lalu yang 1.5%.

Menurut laporan CNN Money pada Selasa (24/11/2015), ekonomi AS sedang membaik dalam situasi pertumbuhan ekonomi global yang melamban. Dan mesin yang memberikan kontribusi utama dalam pertumbuhan ekonomi AS yakni para konsumen AS, juga terus menunjukkan dukungannya yang kuat.

Meskipun kinerja penjualan ritel pada Oktober telah mengalami kenaikan, namun antar pengusaha ritel berskala besar memiliki pandangan yang berbeda terhadap perkembangan pasar.

Nordstrom dan Walmart misalnya, sudah mendahului mengatakan bahwa omzet penjualan pada musim belanja tahun ini tidak akan lebih baik daripada yang diharapkan. Tetapi Home Depot dan Lowe’s justru menunjukkan kinerja penjualan yang lebih baik.

CNN memberitakan bahwa sebagian pelaku pasar masih khawatir terhadap kemungkinan merosotnya angka ekspor dan perdagangan akibat lemahnya pertumbuhan ekonomi global dan menguatnya nilai dollar AS. Namun demikian, sebagian lainnya percaya bahwa faktor-faktor negatif itu akan melemah di tahun depan. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular