Keterangan foto: Pemerintah Kanada mengumumkan rincian pelaksanaan bagi 25.000 orang pengungsi asal Suriah. (The Canadian Press)

Oleh Zhou Xin

Setelah berbagai pihak mengeluarkan komentar-komentar yang kurang mendukung rencana pemerintahan Kanada untuk menerima 25.000 orang pengungsi asal Suriah pada akhir tahun ini, pemerintah federal pada Selasa (24/11/2015) mengumumkan rincian pelaksanaan penerima 10.000 pengungsi sebelum tahun ini berakhir dan menyelesaikan sisa yang 15.000 dalam 2 bulan mulai awal tahun depan.

Untuk menerima pengungsi asal Suriah, pemerintah akan dihadapkan dengan berbagai faktor resiko seperti masalah keamanan, kesehatan, toleransi sosial dan sebagainya. Partai Liberal yang dalam kampanyenya berjanji akan menerima 25.000 orang pengungsi asal Suriah sebelum tahun ini berakhir, sekarang mengubah target menjadi 10.000 dengan sisanya yang 15.000 akan diatur dalam 2 bulan mulai awal tahun depan.

Sebelum akhir tahun ini, pemerintah Kanada akan menyelesaikan pekerjaan penyeleksian 25.000 orang kandidat pengungsi yang bisa diterima. Menteri Kesehatan Kanada Jane Philpott mengatakan bahwa 10.000 orang merupakan kandidat gabungan yang disponsori oleh swasta dan bantuan pemerintah, sedangkan 15.000 orang kandidat lainnya terutamaa akan dipilih dan mendapat bantuan pemerintah.

Pemerintah Kanada sedang bekerjasama dengan UNHCR dan pemerintah Turki untuk memilih pengungsi Suriah dengan kondisi keluarga yang masih lengkap, wanita yang terancam dan lainnya sebagai prioritas penerimaan.

10.000 orang pengungsi yang disponsori swasta akan tiba di Kanada sebelum tahun ini berakhir, mereka tidak dikenakan syarat-syarat pememilihan yang ketat.

Seluruh pengecekan kesehatan pengungsi dilakukan di luar Kanada. Namun mereka harus menjalani pengecekan penyakit menular setibanya di bandara Kanada.

Toronto dan Montreal akan menjadi stasiun pertama singgahnya pengungsi

Pengungsi asal Suriah yang diangkut dengan pesawat tahun ini akan mendarat di bandara Toronto dan Montreal, Kanada. Pihak militer Kanada telah menyediakan sekitar 6.000 tempat tidur dan tempat penampungan sementara bagi mereka yang akan didistribusikan kemudian ke 36 lokasi penampungan yang berada di seluruh Kanada.

Pemerintah Kanada sudah mulai menerima pengungsi sejak krisis Suriah pada 2013. Sementara 25.000 orang pengungsi yang dijanjikan Partai Liberal Kanada itu merupakan janji yang dibuat oleh pemerintahan baru yang terpilih pada 4 November lalu. Saat ini, baru sekitar 100 dari 25.000 orang pengungsi yang sudah tiba di Kanada.

Pemerintah federal akan mengeluarkan dana hingga CAD. 678 juta dalam 6 tahun berjalan untuk membiayai penampungan dan propram penyatuan sosial bagi pengungsi. Tetapi jumlah ini belum termasuk dana ekstra lainnya yang bakal dikeluarkan oleh masing-masing propinsi yang memberikan penampungan.

Pemerintah Kanada sudah menugaskan lebih dari 500 orang pejabat yang berkompeten untuk merealisasikan salah satu program pemukiman pengungsi Suriah terbesar di dunia saat ini.

Aliansi Perkotaan Kanada memberikan reaksi yang positif

Sukses tidaknya penampungan pengungsi sangat tergantung dengan pelaksaan masing-masing kota. Sebuah kelompok advokasi di Kanada (the Federation of Canadian Municipalities), sudah mendukung program pemerintah dengan membentuk beberapa tim kerja.

Presiden FCM dan Ketua Bersama Kelompok Kerja Penanganan Pengungsi Kanada, Raymond Louie (Lei Jianhua) dalam tanggapannya pada hari yang sama mengatakan, “Warga di seluruh Kanada sedang mengerjakan pekerjaan terbaik di masa krisis. Kami semua merespon krisis tersebut dengan cepat dan penuh kasih. Pemerintah di semua tingkatan sedang bekerjasama dengan para individu, organisasi non-profit untuk mensukseskan rencan pemerintah Kanada memberikan penampungan bagi ribuan pengungsi asal Suriah.”

“Kota merasa bangga bisa menjadi bagian dari upaya nasional,” tambahnya.

Pemerintah daerah akan memainkan peran penting dalam menyambut kedatangan dan pemukiman kembali para pengungsi Suriah di negeri ini dalam beberapa bulan ke depan. Dan pemerintahan kota juga akan memberikan dukungan berupa fasilitas untuk kesehatan, kebutuhan perumahan, kelancaran bahasa, budaya. Pemerintahan di semua tingkatan nantinya akan banyak disibukkan oleh banyak pekerjaan yang menyangkut penyediaan rumah murah di kota, program layanan integrasi sosial dan sebagainya.

CARE Kanada dalam tanggapannya mengatakan bahwa melalui rencana kontingensi sejak 2012, mereka telah memberikan bantuan kepada 1.4 juta pengungsi asal Jordania, Libanon, Turki, Mesir dan Suriah dalam berbagai keperluan. CARE Kanada memuji pemerintah yang bersedia memberikan penampungan bagi 25.000 orang pengungsi asal Suriah.

Wakil Presiden CARE Kanada International Program, Jacquelyn Wright mengatakan bahwa pemukiman kembali para pengungsi Suriah adalah bagian penting dari upaya Kanada untuk membantu warga Suriah yang terpaksa harus melarikan diri dari krisis yang terjadi di negara itu, meskipun ini baru sebagian,

“Kami juga sangat mengharapkan Kanada dapat bergabung dengan pemimpin dunia dalam perjuangan untuk mengakhiri krisis dengan cara diplomatik,” kata Jacquelyn Wright. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular