Erabaru.net. Umumnya, kaki kita berfungsi untuk berjalan dan menopang seluruh tubuh kita.

Namun, kaki juga dapat mengetahui tentang kodisi kesehatan tubuh kita.

Dari kekurangan vitamin sampai masalah kelenjar tiroid, kaki Anda dapat memberitahu Anda lebih banyak tentang kesehatan Anda .

Berikut, beberapa hal yang dikatakan kaki tentang kondisi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

1. Kerontokan bulu kaki

Anda tidak perlu terlihat seperti manusia hobbit, namun makin berkurangnya bulu pada kaki dan jari kaki Anda mungkin merupakan tanda bahwa Anda tidak memiliki sirkulasi dan metabolisme tubuh yang terbaik.

Hal ini berlaku jika Anda melihat banyak bulu kaki yang rontok.

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan menguji denyut nadi pada pergelangan kaki Anda. Jika Anda tidak dapat menemukannya, segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

2. Kaki terasa dingin

Hipotiroid, atau kelenjar tidori aktif, dapat memberikan dampak pada tubuh Anda dalam beberapa gejala, termasuk kaki Anda.

Apakah kaki Anda selalu merasa kedinginan ? Jika Anda mengalami gejala-gejala lain dari hipotiroid, termasuk kulit dan rambut menjadi kering, kelelahan dan kenaikkan berat badan yang tidak normal, segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

3. Pembengkakan jari kaki

Perasaan sakit, bengkak, merah dan panas pada jempol kaki merupakan ciri dari penyakit asam urat.

Bahkan, banyak orang menemukan bahwa mereka memiliki asam urat karena masalah dengan jempol kaki mereka.

Penyakit radang sendi adalah salah satu bentuk dari penyakit asam urat yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat dalam aliran darah.

Meskipun sering dikaitkan dengan mengonsumsi daging yang berlebihan, namun 1 dalam 10 kasus asam urat juga berkaitan langsung dengan pola makan harian juga.

4. Kulit kering, pecah – pecah

Jika Anda melihat kulit pada kaki Anda, terutama di antara kulit di jari kaki kering, bersisik atau mengelupas, gatal – gatal, ada kemungkinan infeksi jamur penyebabnya.

Untuk mengatasinya gunakan salep anti jamur, jika gejala tidak berkurang segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

5. Bau kaki

Umumnya, kurang menjaga kebersihan jari kaki adalah penyebab dari timbulnya bau kaki. Anda disarankan sebaiknya mencuci kaki secara teratur, memotong jari kuku, serta rutin mengganti kaus kaki yang dipakai.

Jika jari kaki Anda sering berkeringat, sebaiknya memakai kaus kaki berbahan katun saja dan hindari kelembaban dengan tidak memakai sepatu yang sama setiap hari.

6. Kesulitan Berjalan

Kesulitan untuk berjalan mungkin ada masalah dalam tubuh Anda. Kesulitnya tubuh untuk menyerap kalsium, masalah tulang yang tidak terdiagnosis dan anoreksia (gangguan makan yang berpengaruh pada pria maupun wanita ) adalah yang terbesar.

Jika Anda memiliki kesulitan berjalan, segera berkonsultasi dengan dokter Anda.

7. Kejang otot

Kejang otot dapat terjadi akibat kurangnya asupan zat kalium, kalsium, dan natrium dalam aliran darah.

Jika Anda sering mengalami kejang otot yang berlebihan atau cedera otot Anda bisa dehidrasi atau memiliki salah satu dari sejumlah vitamin atau mineral yang berbeda.

8. Mati rasa

Jika kaki Anda mati rasa, ada beberapa kemungkinan penyebab.

Tentu, salah satunya adalah duduk terlalu lama, tetapi juga bisa menjadi tanda penyakit yang lebih serius, termasuk multiple sclerosis, kerusakan saraf dan fibromyalgia.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular