Keterangan foto: Prajurit tak harus patuh sepenuhnya terhadap perintah, pada aturan ketiga dalam “Eleven Military Regulations” disebutkan, jika prajurit mendapatkan perintah yang tidak wajar, harus dilaporkan. (foto: Scott Olson/Getty Images)

Hal yang dibela oleh AL adalah konstitusi Amerika Serikat, bukan perorangan atau partai politik, entah itu Partai Republik maupun Partai Demokrat, tidak dapat mewakili AS; jadi, ungkapan bahwa partai komunis mewakili Tiongkok dan seluruh rakyat Tiongkok, bagi orang AS adalah konyol. AL Amerika berperang demi kebebasan dan demokrasi dunia, jadi tidak hanya melindungi AS. Di kantor pelatihan awal “A School” terdapat tulisan di dinding: Disaat dunia membutuhkan AS, Amerika membutuhkan AL.

Di dalam angkatan laut terdapat “Sailors Creed” (Kredo AL). Juga masih ada “Eleven Military Regulations” yang aplikatif pada angkatan laut, darat, dan udara serta marinir dan pasukan garda nasional. Prajurit tak harus patuh sepenuhnya terhadap perintah, pada aturan ketiga dalam “Eleven Military Regulations” disebutkan, jika prajurit mendapatkan perintah yang tidak wajar, harus dilaporkan.

Jika Anda sangat menyukai AL tapi enggan berlayar ke samudera jauh, tetap bisa menjadi anggota AL. Ada dua pilihan bagi Anda: pertama, jenis pekerjaan bagi prajurit aktif yang tidak perlu berlayar; kedua, prajurit cadangan, segala jenis pekerjaan tidak perlu berlayar.

Prajurit aktif AL sangat sedikit yang tidak perlu berlayar. Rekan dari New York bercerita, saat pembagian tempat kerja ditempatkan di New York, hanya ada satu pekerjaan di darat tanpa perlu berlayar. Pekerjaan seperti ini tak banyak ditemui. Melihat pekerjaan yang langka ini, seorang perwira perekrut pun memberikannya pada seorang prajurit barunya. Tak disangka, prajurit baru itu justru bergabung di AL karena ingin keliling dunia, sehingga ia menolak pekerjaan itu. Si perwira perekrut pun kesal bukan main tapi tak berdaya.

Prajurit cadangan di AL Amerika berbeda definisinya dengan prajurit cadangan di RRT, dan prajurit cadangan AL telah memiliki sejarah lebih dari seratus tahun. Prajurit cadagang AL ini mencapai 60% dari total anggota, AS tidak hanya menyimpan kekayaannya pada warganya, tapi juga menyimpan prajuritnya pada warga. AL Amerika dengan bangga berkata, AL kami begitu besar dan kuat, tapi belanja AL hanya mencakup 1% dari pendapatan warga. Rasio yang begitu rendah ini adalah berkat adanya prajurit cadangan.

Prajurit cadangan AL terdiri dari 2 jenis, yang pertama adalah cadangan penuh waktu (FTS, Full-Time Soldiers, Red.) yang diberi gaji dan fasilitas sama dengan prajurit aktif, perbedaannya hanya tidak perlu berlayar; yang kedua adalah murni cadangan (Reserve). Prajurit murni cadangan ini biasanya hanya bertugas satu kali akhir pekan dalam sebulan, tapi setiap tahun diwajibkan melakukan pekerjaan penuh waktu selama 2 minggu di kapal yang berlabuh di lepas pantai (tidak perlu ikut berlayar). Ada beberapa pekerjaan bagi prajurit murni cadangan seperti MM (Machinist Mate), dalam setahun pekerjaan penuh waktu 2 minggu tersebut mereka berkesempatan pergi ke pangkalan militer AS di Jepang. Pekerjaan prajurit cadangan seperti ini cukup menarik, seakan setahun berwisata sekali ke luar negeri.

Bagi prajurit aktif dan juga prajurit cadangan penuh waktu kemungkinan meninggalkan rumah sangat besar, sedangkan bagi prajurit murni cadangan akan ditempatkan kembali ke daerah asalnya setelah pelatihan selesai, dan tidak perlu meninggalkan rumah untuk menjalankan tugas. Jika domisili pindah, maka akan ditempatkan di NOSC (Navy Operational Support Center) terdekat dari kediamannya, jadi sangat fleksibel. Jumlah NOSC jauh lebih banyak daripada pangkalan AL, jadi sangat memudahkan bagi prajurit murni cadangan untuk ditempatkan bekerja di pos terdekat.

Usai ujian penempatan militer, Anda bisa memberitahu perwira perekrut pilihan Anda, menjadi prajurit aktif, atau cadangan penuh waktu, atau murni cadangan. Sebagian orang yang langsung memilih prajurit cadangan saat menandatangani kontrak, ada juga orang yang beralih ke prajurit cadangan setelah menyelesaikan masa dinas selama 4 tahun.

Sebelumnya disebutkan tempat dimana kami harus menghadiri berlokasi di NOSC, tempat dimana para prajurit cadangan bekerja. Seorang anggota berdarah Filipina yang telah 7 tahun berdinas mengatakan, saat ia bekerja sebagai prajurit cadangan penuh waktu, sebagian besar waktunya bekerja di darat, tapi ada penugasan untuk berlayar. Waktu itu ia ditugaskan ke Irak, dan bekerja selama 9 bulan disana.

Saya bertanya, “Apakah setiap hari terdengar suara peluru?” Dia menjawab, “Setiap hari terdengar suara ledakan bom dan desingan peluru.” Saya bertanya, apakah Anda takut, ia berkata tidak takut, bahkan merasa menarik, tapi ada yang tewas di sana. Namun kebijakan AL telah berubah, cadangan penuh waktu tidak lagi diberi tugas berlayar, semua bekerja di darat.

Baik prajurit cadangan maupun aktif, kriteria serta prosedur pada saat setiap pelatihan adalah sama, dan selama pelatihan gaji dan fasilitas yang diberikan juga sama. Di AL saya bertemu beberapa anggota etnis Tionghoa, tadinya mereka memiliki pekerjaan, tapi karena bergabung dengan AL ada kemudahan untuk bisa lebih cepat memperoleh status warga Negara (green card), maka mereka pun menjadi prajurit cadangan AL.

Umumnya, sebelum pelatihan selesai sudah bisa menjadi warga negara, jadi begitu kembali sudah bisa mendaftarkan orang tua untuk datang ke AS. Di Amerika, jika Anda telah diterima di AL dan harus mengikuti pelatihan, majikan terdahulu tidak boleh memecat Anda, dan harus tetap memberikan gaji serta mempertahankan pekerjaan Anda, sampai masa dinas selesai, maka Anda bisa kembali melakukan pekerjaan terdahulu, begitu ketentuan hukum yang berlaku.

Seorang etnis Tionghoa bermarga Zhong yang masa berlaku green card-nya segera habis berkata, selain menjadi anggota tentara tidak ada cara lain untuk bisa tetap berdiam di AS. Setelah menjadi prajurit cadangan AL bisa langsung menjadi warga negara, dan setelah pelatihan selesai bisa kembali lagi ke LA. Saat pelatihan saya belum selesai, ia telah memperoleh pekerjaan penuh waktu di FBI. Salah satu akhir pekan di setiap bulan mengharuskan dirinya bekerja sebagai prajurit cadangan AL, sama sekali tidak saling berhalangan dengan pekerjaannya di FBI.

Bagi prajurit murni cadangan juga bisa mengajukan diri menjadi cadangan penuh waktu setelah bekerja 2 tahun, atau jika tidak ingin menunggu 2 tahun, maka Anda bisa meminta atasan Anda untuk mengajukan keringanan. Di dalam AL tidak ada kata mustahil, tapi sebenarnya dari status murni cadangan berubah menjadi cadangan penuh waktu sangat sulit. Saking sulitnya bahkan ada perwira perekrut yang mengatakan hampir tidak mungkin, tapi jika memilih cadangan penuh waktu pada saat memilih pekerjaan relatif mudah. Ini karena saa ini dilihat dari cadangan personel militer, prajurit aktif dan cadangan penuh waktu telah mencapai 130%, tapi prajurit murni cadangan hanya 80%, jadi AL berniat sebisa mungkin mempertahankan prajurit murni cadangan, dan tidak ingin membiarkan mereka beralih menjadi cadangan penuh waktu atau prajurit aktif. Tapi ketika saya mengikuti pelatihan di pangkalan AL di Chicago, sempat bertemu satu orang yang beralih dari murni cadangan menjadi cadangan penuh waktu. Ini membuat saya teringat akan kisah di novel-novel kuno, hidup manusia ibarat panggung sandiwara, skenarionya sudah ditulis sedemikian rupa. Daripada mengatakan yang dialami orang itu sebagai keberuntungan, mungkin lebih tepat dikatakan sudah menjadi takdir baginya. (sud/whs/rmat)

BERSAMBUNG

 

 

Share

Video Popular