JAKARTA – Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2015 siap diselenggarakan pada 27-29 November 2015 di Kota Bogor, Jawa Barat. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Rektor Institut Pertanian Bogor Prof Herry Suhardiyanto mengatakan kontes Buah Nusantara ini menjadi langkah yang baik dalam upaya untuk mempromosikan varietas-varietes unggul buah Indonesia.

Dia menambahkan Indonesia memiliki potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang besar dan beragam untuk dapat membangun industri Buah Nusantara yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Apalagi buah Nusantara merupakan seluruh jenis buah yang dapat tumbuh dan berproduksi secara optimal di seluruh wilayah Indonesia baik yang asli berasal dari Indonesia ataupun negara lain.

“Untuk itu, kita perlu mendukung dan terus mengkampanyekan Buah Nusantara supaya masyarakat Indonesia sadar dan lebih memilih untuk mengkonsumsi buah yang diproduksi dari dalam negeri,” katanya dalam rilis, Kamis (26/11/2015).

Ketua Panitia Pelaksana FBBN 2015, Jumadi S Witoprawiro, mengatakan, jeruk limau gerga lebong dan mangga garifta merah menangkan kontes Buah Nusantara yang menjadi salah satu agenda utama dari Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2015.

Pemenang kontes buah akan ditampilkan pada Expo FBBN di Lapangan Kampus IPB Baranang Siang pada 27–29 November 2015. Ivent ini merupakan upaya Tim Penggerak Revolusi Oranye dalam memberikan kontribusi mengangkat produk jeruk dan mangga petani yang memiliki potensi keunggulan untuk dikembangkan sebagai produk bernilai jual positif.

Peserta Fruit Contest terbuka bagi kalangan peneliti, hobbiest, hingga umum yang memiliki minat menghasilkan produk pertanian khususnya jeruk dan mangga yang siap bersaing di pasar. Penjaringan peserta Fruit Contest telah dilaksanakan sejak Agustus sampai November 2015.

Selain Kontes Buah Nusantara, agenda utama FBBN tahun ini di antaranya: Forum Investasi dan Bisnis Buah Nusantara Skala Usaha Kecil dan Menengah, Fruitpreneur Got Talent, Ekspo dan Bursa Bunga dan Buah, Karnaval Bunga dan Buah Nusantara serta Ikrar Buah Nusantara yang diikuti 48 Bupati/Wakil Bupati dari seluruh Indonesia. Sebanyak 10 mobil hias, enam grup marching band, 55 pertunjukan properti dan kostum, serta 10.000 peserta akan memeriahkan karnaval pesta buah 2015. (asr)

Share

Video Popular