Fruktosa, glukosa dan vitamin dari tomat, memiliki fungsi sebagai gizi dan pemeliharaan kesehatan untuk liver. Itu sebabnya sering memakan tomat, dapat berperan dalam melindungi liver. Pasien liver dan jantung sebaiknya memasukkan tomat ke dalam menu mereka.

Liver (hati) adalah organ tubuh yang paling penting untuk metabolisme dan detoksifikasi. Berbagai zat yang diserap oleh tubuh, termasuk nutrisi dan racun, semuanya harus melalui lambung dan usus dulu baru masuk ke dalam liver dan selanjutnya didekomposisi, disintesis dan didetoksifikasi. Karena liver adalah satu-satunya organ yang tidak memiliki saraf nyeri, itu sebabnya tak peduli betapapun lelahnya seseorang, ia tidak akan menjerit “kesakitan”, itulah mengapa penyakit kanker hati begitu ditemukan, biasanya sudah mencapai stadium akhir. Jadi perhatikanlah kesehatan liver Anda dan tomat adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan liver.

Berikut cara memasak tomat untuk perlindungan liver.

1. Nasi jus tomat

Nasi semacam ini selain memiliki aroma khusus, juga berefek memelihara liver, menumbuhkan air liur – menghentikan dahaga, menguatkan lambung dan membantu pencernaan.

Cara pengolahan: Pertama bersihkan bawang bombay dan bawang putih, masukkan ke dalam wajan ditumis sampai wangi, lalu tambahkan saus tomat dan air, kemudian masukkan beras dan dimasak sampai matang.

2. Sup tomat dan telur

Sup tomat telur adalah sup buatan sendiri yang paling umum, tetapi efek dari sup tomat paling baik untuk perlindungan liver dan tomat harus ditumis dahulu. Tumis sampai tomat matang maka akan menjadi sup tomat kental, yang lebih mudah diserap dan diurai oleh nutrisi yang larut dalam lemak tomat, seperti lycopene.

Cara pertama: Cuci bersih tomat, dipotong-potong, kocok telur dalam mangkuk. Tuangkan potongan tomat ke dalam wajan dan hancurkan dengan spatula; ditumis bolak-balik sampai menjadi kental; tambahkan air, sampai air mendidih, pertama masukkan telur yang telah dikocok, dituangkan dengan sambil diaduk secara spiral ke dalam panci, setelah itu jangan aduk sup, tunggu sampai telur yang awalnya cair menjadi berbentuk, baru perlahan-lahan aduk bunga telur hingga merata.

Cara kedua: Rebus air ditambah potongan jahe, masukkan potongan dadu tomat ke dalam air mendidih, setelah mendidih, kentalkan, kecilkan api masukkan telur ditambah garam, sebelum diangkat dari wajan tambahkan beberapa tetes minyak wijen.

Sup telur tomat cara pertama supnya agak kental, karena tomat ditumis lebih dahulu, lebih berguna untuk melarutkan dan menyerap lycopene, Sup telur tomat cara kedua lebih encer, lebih cocok untuk kelompok pengidap lipid darah tinggi.

Lycopene sangat mujarab dalam pencegahan penyakit prostat, kanker prostat, kanker paru-paru, kanker lambung, kanker payudara, kanker leher rahim dan kanker kulit. Orang yang suka makan tomat, tingkat terkena kanker dapat dikurangi rata – rata sebesar 40%, maka itu tomat juga dikenal sebagai “ahli anti-kanker”. Selain itu juga dapat memberi perlindungan kardiovaskular, menunda penuaan kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh.

3. Jamur sup tomat

Kandungan vitamin C dalam jamur sup tomat sangat tinggi, dapat meningkatkan metabolisme tubuh, berguna sebagai detoks, dapat melancarkan pencernaan menghilangkan panas dalam, melindungi liver dan menyehatkan lambung , memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Cara memasak:

Cuci bersih jamur dan potong kecil-kecil; cuci tomat, potong-potong siap dipakai; ke dalam sup ayam tambahkan tomat, jamur, ujung jahe dan ujung bawang putih, masak dengan api besar, sesudah mendidih dengan api kecil masak lagi sekitar 10 menit; tuangkan ke dalam blender diaduk sampai menjadi saus; tuangkan kembali ke wajan masak sampai mendidih, terakhir tambahkan mentega, garam, merica.

4. Sup tomat bayam: meredakan panas dalam

Cara memasak: pertama tumis tomat dengan minyak, lalu tambahkan air, masak sebentar, kemudian masukkan bayam yang telah direbus, setelah masak beri bumbu. Bayam direbus sebentar terlebih dahulu, supaya sebagian besar asama oksalat dapat dihilangkan.(Hui/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular