Ilustrasi Chrome untuk seluler (Epochtimes)

Setelah Google Chrome diluncurkan pada 2008 lalu, hanya dalam waktu singkat, telah menjadi browser yang paling populer. Banyak pengembang juga menambahkan ekstensi dan aplikasi (App) di Chrome, agar lebih efisien dan juga menarik untuk digunakan. Tapi yang paling keren, Anda tidak perlu tindakan ekstra untuk mengatasi semua ini.

Atas referensi yang dikutip dari “Business Insider” (20/11/2015) lalu, berikut kami deretkan 11 ekstensi dan App, membantu Anda menyederhanakan browser Chrome, sekaligus memberitahu Anda fitur yang super praktis yang memungkinkan Anda menjadi seorang pakar pengguna Chrome.

1. Honey : Mengajar Anda cara menghemat uang

Ekstensi Honey akan membantu anda mencari kupon-kupon dan pesan diskon yang tersedia di internet dan mengaplikasikan kupon tersebut secara otomatis ke shopping cart anda, setelah mengunggah App Honey, anda cukup mengklik tombol Honey jika ingin mengetahui pesan diskon, ia akan memberitahu kode kupon diskon.

2. Pocket : Menyimpan halaman web yang diinput pengguna

Saat berselancar di internet dengan ponsel atau tablet PC, biasanya kita akan menemukan sebuah halaman web yang menarik, tapi tidak sempat menyimaknya lebih lanjut, atau ingin menyimpan beberapa artikel atau video dan sebagainya yang menarik.  Maka gunakanlah aplikasi Pocket, anda bisa secara langsung menyimpan halaman web yang diinginkan.

Pocket menyimpan apapun halaman web yang diinputkan oleh pengguna. Sangat berguna sebagai clipboard berisi konten artikel atau informasi terkait pekerjaan yang bisa diakses kapan saja tanpa harus mengingat alamat sebuah website. Pocket bekerja persis seperti Instapaper yang tersinkronisasi ke semua perangkat, komputer atau aplikasi Android dan iPhone pengguna jika turut dipasang, sangat praktis dan nyaman.

3. Language Immersion : Belajar bahasa baru

Language Immersion for Chrome hadir dengan menggunakan extension LIC ini anda dapat belajar bahasa asing dengan menempatkan diri pada lingkungan bahasa asing yang berbeda, ia akan mengalihkan kata atau kalimat dari bahasa Inggris ke bahasa yang anda inginkan. Jika Anda ingin teks itu kembali ke bahasa Inggris, cukup anda klik tombolnya.

4. Panic Button: menyembunyikan semua tab yang sedang dibuka

Untuk menyembunyikan semua tab yang sedang dibuka, tekan tombol panik. Dengan begitu, siapapun yang menghampiri anda tidak akan dapat melihat apa yang anda saksikan/kerjakan saat sedang berselancar di internet. Dan klik kembali jika ingin mengembalikan halaman sebelumnya.

5. Google Mail Checker : Pemberitahuan email baru setiap saat

Ekstensi Google Mail Checker ini, memungkinkan Anda tahu persis ada berapa lagi email di kotak surat yang belum dibaca, pengguna tidak perlu masuk ke kotak surat hanya untuk sekadar memeriksa pesan yang belum dibaca.

6. AdBlock Plus : Memblokir iklan yang menyebalkan

AdBlock Plus bisa menghapus iklan di halaman web, termasuk iklan selingan. Tapi hanya terbatas pada situs White List, yaitu situs dari sumber tertentu.

7.  OneTab : Mengelola beberapa tab

Anda terbiasa membuka banyak tab di browser? Jika ya, maka ekstensi OneTab adalah penyelamat yang akan mengelola tab-tab ini. OneTab akan mengaturnya menurut tangggal kapan tab tersebut dibuka. Selain itu OneTab bisa menghemat kapasitas RAM di komputer, sehingga komputer Anda dapat melakukan lebih banyak pekerjaan lain.

8.  Simple Blocker : Memungkinkan Anda lebih fokus pada pekerjaan

Simple Blocker memungkinkan Anda lebih fokus pada pekerjaan, tidak diganggu pesan baru dari facebook atau Twitter. Simple Blocker dapat diatur dalam waktu tertentu, seperti misalnya blokir app tertentu dari jam 9:00 pagi-17:00 sore. Atau memblok website-website hiburan dan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan anda dalam kurun waktu tertentu.

9. Chrome Remote Desktop: Mengontrol komputer Anda lainnya

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses komputer Anda yang lain. Jika Anda menyimpan arsip di komputer kantor, dan lupa di bawa pulang, maka dengan app ini Anda bisa mendapatkan file tersebut. Selain itu,  melalui App ini, pengguna juga dapat berbagi layar dengan orang lain.

10. Search by Image : Memberitahu Anda isi yang ada dalam gambar

Search by Image memberitahu Anda tentang apa yang anda temukan di internet, ekstensi ini sangat berguna ketika Anda ke lokasi baru mencari landmark.

11. Chrome to Mobile: Memungkinkan Anda bekerja kapan dan di mana saja.

Tidak peduli apakah di kantor atau tidak, Chrome to Mobile (Chrome untuk Seluler) ini memungkinkan anda bisa bekerja setiap saat, ia dapat menyalin layar dari desktop ke smartphone. Meskipun dalam keadaan offline, anda tidak perlu khawatir pekerjaan tidak akan selesai. (Epochtimes/Jhon/asr)

Share

Video Popular