Komputer mini Raspberry (CNN)

Sebuah organisasi pendidikan non-profit yang berbasis di Inggris, Kamis (26/11/2015) lalu merilis komputer mini yang dinamakan Raspberry Pi zero. Produk ini adalah sebuah komputer mini seukuran kartu kredit berbasis Linux, dijual hanya dengan harga US$ 5 atau sekitar Rp. 68.000 secara online dan langsung habis terjual dalam sehari.

Raspberry Pi dikembangkan oleh Raspberry Pi Foundation di Inggris, tujuannya adalah untuk merangsang pendidikan ilmu komputer dasar di sekolah dengan hardware murah dan perangkat lunak bebas. “Raspberry Pi zero” baru ini sangat murah, versi awal Raspberry Pi yang mulai dijual pada tahun 2012 lalu dibanderol seharga US$ 30, dan dianggap sebagai komputer paling murah, demikian dilansir CNN Financial News.

Namun memasuki 2015, Chip komputer mini yang dikembangkan tim Next Thing Co asal Amerika, harganya hanya dipatok US$ 9, sehingga mulai menjadi pesaing Raspberry Pi, dan sebagai responnya, Raspberry Pi segera meluncurkan Raspberry Pi zero seharga US$ 5.

Sebuah e-mail ke CNN, Public Relations Supervisor di Raspberry Pi, Liz Upton mengatakan, bahwa ia memang terkejut mengetahui “Raspberry Pi zero” terjual habis dalam waktu sedemikian singkat. Selain itu, seiring dengan penjualan majalah “MagPi” edisi Desember, Raspberry Pi juga menyematkan 10.000 unit “Raspberry Pi zero”, dan sekarang “MagPi” edisi Desember itu juga telah habis terjual.

“Sekarang, lebih banyak “Raspberry Pi zero” dalam produksi, kami juga akan terus produksi. Namun, mungkin perlu beberapa waktu untuk bisa memenuhi permintaan,” pungkas Upton.

Komputer Raspberry Pi menjadi komputer paling kecil dan murah di dunia sejak diluncurkan 2012 lalu. Sama seperti dua produk Raspberry Pi Foundation sebelumnya, tujuan utama dari “Raspberry Pi zero”adalah untuk membantu orang-orang menggunakan program pembelajaran komputer yang terjangkau. Keuntungan dari hasil penjualan “Raspberry Pi zero” akan digunakan sebagai sumber pembelajaran gratis, pelatihan guru dan aspek lainnya, kata Upton menambahkan.

“Raspberry Pi zero”ditanami dengan prosesor 1GHz dan memori (RAM) 512MB, kemampuan komputasinya setara dengan iPhone 4, selain itu juga dilengkapi dengan slot kartu microSD, slot mini-HDMI dan dua slot micro USB, sehingga pengguna bisa menikmati tayangan video HD.

Intinya, Raspberry Pi sebuah komputer mini yang ditujukan pada pengguna komputer amatir, guru, siswa dan pengguna UKM dan sebagainya. Sumber data di internet menyebutkan bahwa Raspberry Pi telah memecahkan rekor penjualan sebanyak 1 juta unit sejak diluncurkan Februari 2012 lalu. Dalam blognya, Raspberry Pi Foundation menyebutkan, bahwa pabrik Raspberry Pi yang berbasis di Inggris mampu memproduksi 40.000 perangkat per minggu, namun, masih tidak bisa memenuhi permintaan global. (Epochtimes/asr/Jhon)

Share

Video Popular