Chaotic Moon kini sedang mengembangkan teknologi tato biometric, yang dapat mengumpulkan data tentang kesehatan pengguna dan data biometrik lainnya. (Youtube / Chaotic Moon)

Blog teknologi AS TechCrunch menyebutkan, bahwa teknologi wearable di masa depan kemungkinan bisa lebih lanjut dikembangkan yang diaplikasikan langsung ke kulit, seperti tato temporer. Teknologi ini menyisipkan perangkat elektronik mini non-invasif di kulit, suatu teknologi tato biometrik yang mampu mengumpulkan informasi kesehatan dan data lainnya.

Chaotic Moon, sebuah perusahaan pengembang software yang berbasis di Austin, Texas, Amerika Serikat, baru-baru ini mengembangkan tato berteknologi tinggi. Tato tersebut dibuat dari komponen dan sirkuit semikonduktor, yang mampu mengumpulkan informasi kesehatan dan data biometric lainnya. Pada dasarnya akan merubah Anda menjadi cyborg.

Perangkat tato yang dikembangkan Chaotic Moon saat ini masih dalam tahap prototipe. Namun, di masa depan dapat mengumpulkan data kesehatan pengguna, dan ditransmisikan ke staf medis, ujar Ben Lamm, CEO Chaotic Moon “Ini adalah teknologi wearable, dan masa depan wearable itu berupa biowearable,” ujarnya.

Lamm mengatakan, bahwa tato biometric ini tidak seperti gelang elektronik yang dapat dilepas dengan mudah. Tato ini merupakan tato temporer yang bisa dihapus sewaktu-waktu. Tato ini memiliki kemampuan memonitor temperatur tubuh, mengumpulkan data secara langsung di kulit dan mengirimnya, selain itu juga bisa diaplikasikan untuk keperluan militer.

Menurut keterangan Chaotic Moon, tato biometric ini dapat memonitor suhu, mampu mendeteksi apakah pengguna dalam kondisi stress atau tidak berdasarkan keringat, detak jantung, tingkat hidrasi kulit. Sama seperti FireChat, data terkait juga bisa ditransmisikan via Bluetooth dan Wi-Fi.

Tato biometric ini juga dapat digunakan untuk melacak posisi anak-anak mereka di sebuah taman hiburan. Sementara fungsi lainnya dalam bidang militer, mencakup deteksi racun udara, patogen di tubuh prajurit atau mendeteksi apakah mereka terluka atau mengalami tekanan stress, ungkap Lamm menambahkan.

Teknologi ini tidak tergolong dalam awal pengembangan, beberapa trendi anak-anak muda yang disebut “Cyberpunks” gemar menanamkan perangkat elektronik ke dalam tubuh mereka. Untuk menanamkan perangkat tersebut, para cyberpunks perlu proses operasi baru bisa menanamkan magnet, chip REID dan komponen biohack lainnya itu ke dalam tubuh mereka. Penanaman chip RFID dapat digunakan untuk membuka pintu rumah atau pintu mobil.

Menurut penuturan Lamm, ini adalah sebuah platform non-invasif ramah lingkungan, tato eletronik ini layaknya seperti papan sirkuit, dimana tubuh manusia itu adalah platform kerjanya. Tapi sejauh ini, masih ada masalah keamanan terkait pelacakan tinta permanen, sementara pelacakan sementara, akan ada perlindungan privasi yang relevan dan peraturan medis.

 Chaotic Moon hanya bertanggung jawab untuk pembuatan produk, sementara masalah hukum diserahkan pada pengguna teknis. “Segala jenis perusahaan, misalnya perusahaan telepon seluler, perusahaan farmasi, perusahaan perangkat medis akan menghadapi masalah yang sama. Adapun yang menjadi perhatian kita adalah : Hey, anda menanamkan komponen-komponen itu untuk mengumpulkan data, betapa tidak praktisnya karena terlalu besar dan susah dipakai. Sekarang, kami sedang mencari cara baru, tinta-tinta konduktif ini memberikan pilihan baru bagi anda, ” kata Lamm menjelaskan.

Saat ini ada banyak perangkat elektronik, yang bisa dipasang di sekitar badan untuk memantau aktivitas anggota badan, meng-upload data biometrik. Terbetik berita bahwa pemerintah AS memiliki niat untuk bekerja sama dengan US Defense Advanced Research Projects Agency meneliti cara implan permanen.

Sisipan temporer adalah metode pengumpulan data yang lebih baik. Tato biometric ini murah dan tidak perlu ditanamkan ke dalam tubuh, selain itu juga lebih praktis dan tidak perlu pengisian baterai dibanding dengan perangkat elektronik wearable yang ada saat ini, demikian ungkap Lamm. (Jhon/asr)

Share

Video Popular