Keterangan foto: Tim Persiapan Sidang Paripurna ke 19 PKT terbentuk dengan Xi Jinping sebagai ketua, Li Keqiang dan Wang Qishan masing-masing sebagai wakil ketua. (foto Getty Images)

Oleh Zhang Dun

Sidang Paripurna ke 19 (SP 19) Partai Komunis Tiongkok/ PKT rencananya akan diselenggarakan pada 2017. Dan untuk itu tim persiapan dibentuk untuk menyusun para calon anggota kabinet. Berita terakhir Media Hongkong menyebutkan bahwa tim termaksud sudah dibentuk dan Xi Jinping terpilih sebagai ketua dengan didampingi oleh Li Keqiang dan Wang Qishan sebagai wakil ketua tim. Tetapi tidak satu pun orangnya Jiang Zemin yang dimasukkan ke dalam tim ini.

Majalah Hongkong Chengming edisi Desember menulis, Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok Biro Politik mengadakan pertemuan pada 11 – 12 November 2015 untuk membahas dan menetapkan para pengurus Tim Persiapan Sidang Paripurna ke 19 PKT, yang antara lain menunjuk Xi Jinping sebagai ketua, Li Keqiang dan Wang Qishan masing-masing sebagai wakil. Anggotanya terdiri dari Wang Huning, Li Zhanshu, Zhao Yueji, Meng Jianzhu, Fan Changlong, Ma Kai, Zhao Hongzhu, Wang Yong, Du Jincai. Untuk memudahkan koordinasi, tim membentuk 5 sub tim.

1. Urusan Garis Politik dan advokasi, diketua oleh Wang Huning.

2. Urusan Penyusunan Laporan Kerja dan Konsoltasi, diketuai oleh Qang Huning.

3. Urusan Pemeriksaan Kualifikasi dari Wakil Peserta SP ke 19, diketuai oleh Zhao Yueji dan Zhao Hongzhu.

4. Urusan Pemeriksaan dan Pengujian Kualifikasi dari Komite Sentral, Anggota Alternatif, Anggota Komisi Pemeriksaan Kedisiplinan, diketuai oleh Wang Qishan (paro waktu) bersama Li Zhanshu, Zhao Yueji, Ding Xuexiang (Direktur Kantor Kepresidenan Xi Jinping) dan Zhong Shaojun (Direktur Kantor Komite Militer).

5. Urusan Informasi Intelijen dan Komunikasi, diketuai oleh Li Zhanshu dan Wang Yong.

Wang Qishan (paro waktu) ditunjuk sebagai ketua dan Zhao Yueji, Li Zhanshu, Du Jincai sebagai wakil dari kantor tempat kerja Tim Persiapan SP 19.

Tim Persiapan SP 19 memiliki wewenang untuk mengajukan daftar calon untuk Komite Sentral, Anggota Alternatif Komite Sentral, Komite Pemeriksa Kedisiplinan, Komite Militer dan anggota alternatifnya. Juga berwenang untuk mengajukan daftar calon untuk komite Tetap dan anggota Politbiro, Sekretaris Komite Pemeriksa Kedisiplinan, Wakil Ketua Komite Militer dan seterusnya.

Komentator politik Shi Shi menjelaskan, dilihat dari susunan nama anggota Tim Persiapan SP 19 kita semua sudah bisa mengetahui bahwa tak satu pun orangnya Jiang Zemin terlibat di dalamnya, jadi bisa dikatakan Xi Jinping memegang kendali atas SP 19, yang diharapkan nantinya bisa bekerja untuk membangun Tiongkok tanpa ada lagi yang ngerocoki.

Shi Shi percaya, Xi Jinping bisa bekerjasama secara baik dalam Tim Persiapan dengan kedua wakilnya yang sudah diyakini cukup handal. Namun ketiga orang yang pro Jiang Zemin, yaitu Zhang Dejiang, Liu Yunshan dan Zhang Gaoli tidak termasuk dalam tim tersebut. Hal ini juga menunjukkan bahwa besar kemungkinan Wang Qishan tidak dipensiunkan bahkan tetap menjabat posisi penting di SP 19 nanti. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular