Oleh: Lynn Jaffee

Tetangga saya, Marie, hampir tidak pernah pulang. Dia keluar rumah seharian di salah satu pertunjukkan amalnya atau bergaul dengan teman. Jumat malam adalah malam untuk berkencan, yang biasanya melibatkan makan malam dengan sang kekasih. Akhir pekan dihabiskan dengan mengunjungi keluarga, dan selama musim panas dia menghabiskan waktu di kabin danau. Tidak heran jika saya jarang melihatnya, karena dia selalu bepergian. Namun masalahnya, Marie telah berusia 88 tahun.

Marie menjadi model panutan saya untuk bagaimana memasuki usia tua. Dia tampil selalu aktif dan relatif sehat. Hal ini menjadi sebuah teka-teki, mengapa pada beberapa orang menjadi tua dengan kesehatan dan energi yang baik, sedangkan yang lain kesehatannya menurun lebih cepat.

Tentu saja genetik dan gaya hidup memainkan peran yang besar. Ada yang mengatakan bahwa ada banyak pengecualian, orang yang hidup pada tahun 80-an, 90-an dan bahkan pada 100 tahun yang lalu mereka tidak pernah menaruh perhatian lebih pada hidup higienis. Jadi, apa masalahnya?

Satu penjelasan mungkin melibatkan teori di balik epigenetik, di mana gen Anda dipengaruhi oleh faktor eksternal atau lingkungan yang bukan peruntunan DNA. Ini berarti bahwa di luar genetik yang diwariskan, bagaimana Anda hidup juga memengaruhi ekspresi genetika, yakni bagaimana gen berkomunikasi dengan sel-sel Anda.

Dalam pengobatan Tiongkok, konstitusi tubuh dibentuk oleh sesuatu yang disebut esensi. Ia menentukan kesehatan Anda secara menyeluruh, yaitu bagaimana tumbuh, matang, kesuburan, dan proses penuaan. Anda mewarisi esensi dari leluhur, yang menetapkan seperangkat tampilan fisik (seperti gen). Makin menua, esensi asli juga perlahan habis dan tidak pernah bisa digantikan. Ketika benar-benar habis, maka Anda meninggal.

Namun, ada semacam esensi kedua yang dapat meningkatkan dan melestarikan hal-hal orisinal tersebut. Yaitu dengan hidup sehat, makan dengan baik, dan menghindari hal-hal ekstrem, maka Anda dapat melindungi esensi aslinya, sehingga tidak menurun dengan cepat.

Teori kuno dari pengobatan Tiongkok ini terdengar sangat mirip dengan studi epigenetik mutakhir saat ini. Selain klaim sebagai penemu pertama, pengobatan Tiongkok juga menawarkan beberapa ide tentang bagaimana melindungi diri dari penuaan selama dan sesehat mungkin. Hal tersebut meliputi:

Menyeimbangkan siklus istirahat dan pekerjaan

Anda perlu istirahat yang cukup dalam bentuk tidur untuk menyembuhkan dan meremajakan tubuh. Selain itu, pekerjaan dalam jumlah seimbang dapat menjaga pikiran selalu tajam, dalam pengobatan Tiongkok bekerja yang berlebihan dianggap menjadi penyebab penyakit.

Gerakkan tubuh

Gerakan dalam bentuk olahraga adalah hal yang paling dekat sumber awet muda. Gerakan menciptakan lebih banyak gerakan dan membuat sendi selalu dilumasi, darah mengalir, jantung dan paru-paru sehat, dan pikiran menjadi tajam. Ingatlah untuk selalu menyeimbangkannya dengan istirahat yang cukup.

Apa yang Anda makan akan membuat perubahan

Anda tidak akan bisa berharap untuk mengabaikan makanan selama beberapa dekade, namun bisa hidup panjang usia dan sehat. Ya, terkadang Anda mungkin akan bertemu dengan seseorang berusia 90 tahun, yang hidup dengan mengonsumsi makanan ringan dan cepat saji, tapi itu tidak banyak.

Dengan menu makanan yang sesungguhnya, terutama yang berbasis tanaman, dan belum diawetkan atau “disempurnakan” dengan bahan kimia, maka Anda berada di posisi lebih maju. Dan Anda tidak perlu merombak seluruh dapur. Penelitian telah mendokumentasikan bahwa perubahan pola makan sehat sekalipun kecil, dapat membuat perbedaan positif bagi kesehatan Anda.

Pikiran

Ada perkataan Tiongkok, bahwa emosi adalah penyebab dari 1.000 penyakit, dan saya telah menemukan ini menjadi kenyataan dalam praktek akupunktur saya.

Stres, cemas, khawatir, depresi, dan hal-hal negatif telah memengaruhi kesehatan Anda, dan bukan dalam cara yang baik. Untuk pemula, dampak emosi negatif terjadi pada pencernaan, pola tidur, tekanan darah, dan susunan hormonal.

Dampak dari keadaan emosional yang buruk adalah sangat nyata dan jauh dari jangkauan. Penelitian terkini mengindikasikan bahwa orang dengan pandangan negatif memiliki usia singkat. Resep saya? Sedikit rasa syukur di setiap hari.

Susunan genetik Anda adalah seperti tangan dalam permainan kartu. Anda mungkin mendapatkan kartu yang baik atau tidak begitu baik, akan tetapi bagaimana Anda memainkannya, ini benar-benar yang terpenting. Tak peduli membicarakan epigenetik atau bagaimana melestarikan esensi dalam pengobatan Tiongkok, pilihan gaya hidup tetap akan membuat perbedaan bagaimana Anda memasuki usia tua nanti. (Ajg/Yant)

Lynn Jaffee adalah ahli akupunktur berlisensi dan penulis Simple Steps: The Chinese Way to Better Health (Langkah Sederhana: Cara Tiongkok untuk Kesehatan yang Lebih Baik). Artikel ini pada awalnya diterbitkan di AcupunctureTwinCities.com.

Share

Video Popular