Keterangan gambar: Pesawat penumpang Air France AF 65 mendarat darurat di Bandara kota Salk Lake City, Utah pada 17 Nopember karena ancaman bom. (Courtesyof@era.adjamian on Instagram/AFP)

Sebuah pesawat penumpang Air France yang terbang dari San Francisco menuju Paris pada Selasa (8/12/2015) mendapat ancaman bom sehingga melakukan pendarata darurat di Bandara Trudeau, Montreal Kanada. Saat ini polisi sedang menyelidiki dan mencari bom yang dimaksud.

Media Montreal mengutip juru bicara Bandara Trudeau Francois-Nicolas Asselin memberitakan bahwa pesawat saat itu sedang membawa 231 orang penumpang dengan 15 orang awak. Dan pihak berwenang Bandara sedang melakukan koordinasi dengan perusahaan Air France untuk memudahkan penyelidikan.

Pesawat bernomor penerbangan AF83, jenis Boeing 777 tinggal landas dari Bandara Internasional San Francisco pada Senin (7/12/2015) sekitar pukul 15:00 waktu setempat dan rencana akan mendarat di Bandara Charle de Gaulle/Roissy Paris pada keesokan harinya sekitar pukul 10:30. Setelah menerima berita ancaman bom, pesawatt langsung beralih terbang menuju Bandara di Montreal dan mendarat darurat di Bandara Trudeau.

Pesawat tersebut mendarat dengan selamat, petugas gegana sudah tiba sebelum seluruh penumpangnya selesai dievakuasi dari dalam pesawat. Berita menyebutkan bahwa penumpang diatur dalam kelompok yang terdiri dari 50 orang untuk meninggalkan kabin pesawat dan mendapat interogasi singkat dari polisi yang didatangkan.

2 pesawat Air France juga mengalami ancaman bom dalam penerbangannya pada 17 November 2015 lalu, sehingga terpaksa mengalihkan jalur penerbangan meskipun mendarat dengan selamat. Pemeriksaan tidak menemukan bom dalam pesawat mereka.

Salah satu dari pesawat Air France itu dengan nomor penerbangan 55 terpaksa mengalihkan penerbangan ke Kanada dan mendarat darurat di Bandara Halifax. Pesawat jenis Boeing 777 ini tinggal landas dari Bandara Dulles, Washington dan sedang terbang menuju Paris.

Air France satunya lagi adalah pesawat jenis Airbus A 380 bernomor penerbangan 65, melakuklan pendaratan darurat di Salk Lake City, Utah. Seluruh penumpang dan awak pesawat dievakuasi demi kelancaran penyelidikan.

Juru bicara oerusahaan penerbangan Air France dalam pernyataannya menegaskan bahwa hasil pemeriksaan terhadap penumpang dan barang bawaan dari kedua pesawat itu membuktikan tidak ada bom di pesawat. Kepolisian berjanji akan terus mendalami peristiwa ancaman itu. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular