Gambar simulasi asteroid menabruk Bumi. (Wikipedia)

Pada Malam Natal bulan ini, akan ada sebuah asteroid sebesar 2,4 km melintasi bumi. Para astronom percaya bahwa jika ia menabrak Bumi, cukup untuk menghancurkan seluruh benua, dan bahkan lebih buruk.

Menurut laporan “Daily Express” Inggris baru-baru ini, batuan besar ruang angkasa yang oleh NASA diberi nama 2003 SD220 ini, telah dimasukkan dalam daftar peringatan dini asteroid NASA. Para astronom percaya bahwa jika asteroid sebesar 2,4 km ini menabrak Bumi, akan menyebabkan “kerusakan yang signifikan di beberapa wilayah.”

NASA mengatakan, 2003 SD220 ditemukan oleh “Asteroid Hunter” NEOWISE sudut lebar detektor inframerah pada 16 November tahun ini. Pada awalnya, ukurannya diperkirakan 0,7 kilometer, kemudian direvisi menjadi 2,4 kilometer. Mungkin, 2003 SD220 akan lebih besar, karena sebagian besar darinya ditutupi oleh ruang gelap. Pada tanggal 24 Desember, ia akan melintasi bumi pada posisi jarak 28 Bulan ke Bumi.

NASA mengatakan Observatorium Arecibo di Puerto Rico pada pertengahan bulan ini akan menggunakan pengamatan radar khusus untuk mengamati batu asteroid ini, ketika itu ia mulai mendekati Bumi.

Para astronom memperkirakan bahwa 2003 SD220 akan melintasi Bumi dengan jarak 10.780.000 kilometer, juga mengatakan bahwa karena ” Yarkovsky effect “, akan membuatnya lebih dekat ke Bumi.

Saat ini, para ilmuwan mencoba untuk memprediksi jalur lintasan 2003 SD220 yang tepat. NASA mengatakan: “Alasan mengapa asteroid ini diklasifikasikan sebagai daftar asteroid berbahaya, karena lintasan mereka dapat berubah karena planet lain, bintang atau benda lainnya.” NASA juga mengatakan: “Kami bersama-sama dengan pecinta astronomi lainnya memantau asteroid ini secara seksama.” (Lim/Yant)

Share
Tag: Kategori: ASTRONOMI SAINS

Video Popular