Sebagian besar orang di dunia ini berharap untuk mencapai kesuksesan usaha. Namun, tidak semua orang dapat mencapai apa yang mereka harapkan, tak peduli seberapa pintarnya mereka.

Hal ini karena takdir mengontrol nasib setiap manusia menjadi kaya atau miskin, malang atau penuh rejeki. Yang di atas menetapkan aturan bahwa baik dan jahat akan selalu mendapat balasan.

Oleh karena itu, sebelum takdir berpihak pada orang-orang yang jujur, toleran dan setia. Alhasil, orang yang jujur lebih berpeluang untuk berhasil, sementara orang-orang tamak cenderung akan gagal. Kami telah menemukan banyak kasus seperti ini dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah salah satu contohnya.

Tn. Koike adalah pengusaha Jepang yang sukses. Dia adalah pendiri dan pemilik perusahaan bursa Jepang. Kejujuran dan kesetiaannya dikenal di seluruh negeri. Saat berumur 13 tahun, dia meninggalkan kampung halamannya dan pergi ke kota untuk menyambung hidup.

Dia bekerja sebagai pelayan di sebuah toko kecil dan pada saat yang sama iajuga bekerja sebagai seorang salesman untuk perusahaan mesin. Ketika ia berusia 20 tahun, ia menjalankan bisnis kecil sendiri. Dia menerapkan pengalaman penjualannya untuk mempromosikan bisnisnya dan berhasil memenangkan 33 kontrak penjualan dalam dua minggu. Ia bahkan menerima pembayaran di muka dari nasabah.

Namun, tak lama setelah ia mendapat banyak kontrak, ia menemukan bahwaharga untuk produk yang ia jual kepada pelanggan, sedikit lebih tinggi dari harga perusahaan lainnya. Dia berpikir bahwa pelanggannya akan menyesal jika menemukan hal ini. Jadi dia membawa kembali kontrak dan uang pembayaran dan mengunjungi pelanggannya satu per satu.

Dia menjelaskan kepada pelanggan tentang harga ini dan mengatakan kepada mereka bahwa ia setuju untuk mencabut kontrak dan mengembalikan uang mereka. Pelanggan sangat tersentuh oleh kejujuran dan kesetiaan Tn. Koike. Hasilnya, tak satupun dari mereka yang mencabut kontrak. Setelah itu mereka bahkan makin percaya dan menghormatinya.

Kejujuran dan kesetiaan Tn. Koike telah membuatnya menjadi orang yang kaya. Hingga kini, dia adalah pengusaha terkenal dan dihormati di Jepang.

Baik dan tidak baik akan membawa konsekuensinya masing-masing. Kejujuran, ketulusan dan kesetiaan dapat membawa kesuksesan dalam usaha. Merugikan pelanggan dengan pelayanan dan produk kualitas rendah, mungkin saja membawa keuntungan sesaat, tetapi tidak akan bertahan lama, dan pada akhirnya akan ditinggalkan oleh pelanggan yang menyadari hal ini. (Pureinsight.org/Wid)

Share

Video Popular