Berbagai lukisan prasejarah di goa kuno telah ditemukan sebelumnya. Namun penemuan ini menjadi berbeda. Ia istimewa karena penemuan di Spanyol pada tahun 2013 silam ini dianggap sebagai salah satu yang tertua dari sejenisnya.

Sebuah studi baru-baru ini menjelaskan apa yang mungkin menjadi representasi tempat kediaman tertua dari manusia. Bentuknya menyerupai gubuk tempat para pemburu berkumpul. Sebuah pemeriksaan mendetail dari lukisan di sebuah lempengan batu menunjukkan tujuh ukiran terpisah yang tampak mirip dengan gubuk berlindung.

Seni ini diduga diciptakan sekitar 13.800 tahun yang lalu, yakni 5.000 sampai 6.000 tahun sebelum rekor tertua dalam kategori gambar rumah prasejarah ditemukan. Meskipun ada ukiran batu berupa gambar hewan dan pemburu yang jauh lebih tua, namun belum pernah ditemukan lanskap buatan manusia seperti perumahan yang lebih tua dari penemuan ini. Lukisan tempat tinggal menjadi objek yang signifikan bagi para peneliti.

Manuel Vaquero, salah satu anggota peneliti menjelaskan, “Ada penemuan lanskap lain yang lebih tua, tetapi mereka berupa lanskap alami, seperti gunung dan sungai. Ini adalah lanskap buatan manusia pertama.”

Gambar pada batu ini juga menjadi referensi penempatan struktur dalam baris yang dapat mencerminkan upaya untuk menunjukkan kedalaman visual.

Meskipun ukiran batu ini mengungkap kesamaan bentuk dengan gubuk serta mengindikasikan masyarakat yang aktif, beberapa ahli tetap skeptis dengan penemuan ini.(Wid)

Share

Video Popular