Ketika kita mendapatkan luka sayatan dan berdarah, jangan terlalu panik. Kita perlu pikiran yang tenang bagaimana untuk menghentikan pendarahan secara efektif. Dan banyak dari kita suka untuk menggunakan cara – cara lama seperti mengikat daerah luka dengan sepotong kain atau membersihkan daerah luka pada air yang mengalir. Namun, apakah cara lama ini dapat bekerja secara efektif pada luka Anda?

Berikut beberapa cara alami untuk menghentikan pendarahan pada luka, yang mungkin akan bekerja secara efektif.

Kopi bubuk

Terapkan sedikit bubuk kopi pada daerah luka untuk menghentikan pendarahan. Bubuk kopi mengandung zat astringent,yang dapat mempercepat penutupan luka sayatan Anda.

Bubuk kunyit

Menerapkan sedikit bubuk kunyit langsung pada daerah luka untuk menghentikan pendarahan. ini juga dapat mencegah penyebaran infeksi di sekitar luka serta menghentikan pendarahan dalam beberapa menit.

Kantong teh

Mencelupkan kantong teh pada air dingin dan kemudian tekan secara lembut pada daerah luka selama dua menit. Ini dapat segera menghentikan pendarahan serta membantu pembekuan darah.

Pasta gigi

Menerapkan sedikit pasta gigi pada luka kecil untuk menghentikan pendarahan. Pasta gigi mempunyai efek astringent (mempercepat efek penutupan permukaan kulit ) dan mencegah perdarahan.

Kaca

Tempatkan sepotong kaca bersih pada luka terbuka, secara hati – hati. Cara ini dapat mengaktifkan proses pembekuan luka, karena kaca memiliki permukaan yang bermuatan elektro-negatif.

Tepung jagung

Ini adalah salah satu pengobatan rumah sederhana yang dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan pada luka. Menerapkan beberapa tepung jagung langsung pada luka Anda. Cara ini efektif, karena tepung jagung dapat menyerap darah yang keluar dan membantu pembekuan darah.

Es batu

Tekan es batu scara lembut pada luka yang terbuka untuk menghentikan pendarahan yang terjadi. Cara ini dapat membantu pembekuan darah dengan cepat karena konstriksi sel-sel kulit dan jaringan.

Bubuk cabe rawit

Taburkan sedikit bubuk cabai rawit pada daerah yang luka untuk menghentikan pendarahan. Membantu pembekuan darah dan menutup luka lebih cepat.

Tanaman St. John’s Wort

Tanaman ini memiliki sifat antiseptik dan juga antivirus . Menerapkan daun tanaman ini pada luka, dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi.

Bedak cair

Hal ini juga salah satu perawatan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menghentikan pendarahan dan menyembuhkan luka secara efektif. Bedak cair memiliki sifat antiseptik, yang dapat mencegah infeksi serta mempunyai sifat astringent pada kulit dan mempercepat penutupan luka.

Garam

Anda pasti akan bertanya, bukankah akan menambah rasa sakit bila luka terkena garam? Garam dapat bekerja secara efektif untuk menghentikan pendarahan luka Anda. Karena garam dapat menyerap darah yang keluar dari luka dan mengeringkannya. Hal ini dapat menutup dan menyembuhkan luka lebih cepat dan juga dapat mencegah terjadinya infeksi. (Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular