Pestisida hadir dalam buah-buahan dan sayuran yang kita konsumsi setiap hari. Petani menggunakan pestisida selama budidaya tanaman, sehingga sayuran dan buah – buahan yang mendapat pestisida menjadi racun bagi kesehatan dan tubuh kita.Ketika buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi tanpa dicuci dengan benar, maka menyebabkan pestisida masuk dan menetap ditubuh, sehingga dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker, kerusakan pada sistem saraf dan organ reproduksi, cacat lahir serta dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh Anda secara keseluruhan.

Berikut, beberapa cara alami untuk membersihkan sayuran dan buah – buahan terbebas dari pestisida.

Cuka putih

Cuka adalah salah satu bahan alami dapur yang paling kuat untuk membunuh kuman dan pestisida dari sayuran dan buah-buahan Anda. Anda hanya cukup menambahkan satu cangkir cuka putih dalam air wastafel ( tempat Anda mencuci buah dan sayuran ), kemudian bilas buah dan sayuran Anda.

Baking soda

Baking soda dapat membantu untuk menghilangkan residu pestisida dari sayuran dan buah-buahan secara efektif. Dalam mangkuk besar, tambahkan 5 gelas air dan 4 sendok makan baking soda. Rendam sayuran dan buah-buahan dalam larutan ini, selama 15 menit, kemudian keluarkan dan lap dengan kain kering, maka sayuran dan buah-buahan Anda aman untuk dikonsumsi.

Air kunyit

Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh kuman penyakit. Didihkan semangkuk air kemudian tambahkan 5 sendok teh bubuk kunyit dan dinginkan. Selagi hangat, masukkan sayuran dan buah – buahan dalam air kunyit, kemudian bilas dengan air bersih.

Garam

Bubuk garam dapat membantu untuk menghilangkan pestisida secara cepat. Dalam mangkuk kaca, tempatkan air bersih dan satu cangkir garam, aduk rata. Kemudian, tempatkan buah-buahan dan sayuran pada larutan garam tadi, rendam selama 10 menit. Kemudian, bilas dengan air bersih berulang-ulang sebelum mengonsumsinya.

Mengupas kulit

Untuk membersihkan sayuran dan buah-buahan secara alami di rumah, cara-cara yang disebutkan di atas akan dapat menghapus hampir 90 persen residu pestisida yang ada. Namun, akan lebih aman dan sehat, jika Anda mengupas kulit luar dari buah-buahan dan sayuran, sebelum Anda mengonsumsinya.(Anai)

Share

Video Popular