Ada orang yang bertanya, apakah ada tips lain yang perlu diketahui untuk membina hubungan antara orang tua dan anak? Dr. Phil menguraikan lima langkah yang dapat membantu Anda untuk semakin dekat dengan anak Anda dan sukses membimbing mereka:

1. Terhubung

Buatlah keputusan dengan kesadaran jernih untuk menghubungkan diri Anda ke dalam dunia anak-anak Anda. Dunia yang Anda hadapi waktu kecil berbeda dengan dunia yang mereka hadapi sekarang. Anda tidak bisa membimbing pilihan anak-anak Anda dengan pengalaman masa kecil yang Anda miliki. Anda perlu masuk ke dalam dunia mereka untuk memahami kondisi jiwa mereka.

2. Biasakan untuk memberi pengertian

Ketika Anda bicara dengan anak-anak Anda, Anda perlu menjelaskan logika sederhana Anda kepada mereka. Ini bisa membuat mereka paham kenapa mereka perlu mengikuti apa yang Anda sampaikan. Penelitian menunjukkan bahwa jumlah masalah yang dihadapi anak-anak berbanding terbalik dengan jumlah kata-kata yang disampaikan di rumah. Apa artinya ini ? Semakin sedikit Anda berbicara di rumah, semakin banyak masalah yang mereka dapatkan di luar rumah.

3. Bicarakan tentang hal-hal yang tidak perlu dirisaukan

Bagaimana Anda berharap agar mereka memahami hal-hal yang perlu diberi perhatian jika Anda tidak pernah membahas hal-hal yang tidak perlu dirisaukan?

4. Ingat, Anda adalah orangtua mereka

Anak-anak punya banyak teman yang memberitahu mereka apa yang ingin mereka dengar. Anda tidak perlu menjadi teman lain mereka. Mereka butuh Anda untuk menjadi figur yang memungkinkan mereka tahu di mana batas-batas perilaku yang masih ditoleransi. Berusaha untuk menjadi temannya hanya akan melemahkan otoritas Anda sebagai orangtua dan ini bisa merugikan Anda dan anak Anda di kemudian hari.

5. Biarkan mereka merasa bebas dalam dunianya

Anda harus memperlakukan anak-anak Anda sehingga mereka merasa menguasai dan mandiri dalam lingkungannya. Sangat penting bagi mereka untuk tidak merasa tunduk pada pedoman sewenang-wenang atau keputusan yang sepihak.(Wid)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular