Keterangan foto: Hyong Song-wol. (foto internet)

Grup musik dari Korea Utara Moranbong Band sudah tiba di Beijing pada 11 Desember 2015 untuk melakukan pertunjukan musik selama 6 hari di sana. Pemimpin grup musik tersebut yang juga pernah menjadi kekasih pemimpin besar Korea Utara Kim Jong-un di masa lalu, langsung menarik perhatian sejumlah wartawan yang meliput.

Moranbong Band yang seluruh anggotanya terdiri dari para wanita cantik Korea Utara dibentuk oleh Kim Jong-un pada 2012. Pertunjukan di Beijing ini merupakan penampilan pertama mereka di luar negeri.

Daily Mail pada 11 Desember 2015 memberitakan bahwa Hyong Song-wol bersama seluruh anggota grup menginap di sebuah hotel mewah di Beijing. Setibanya di hotel, wartawan Yonhap News Agency Korea Selatan langsung mengejar Hyong Song-wol untuk menanyakan ihwal rumor tentang dirinya. Hyong Song-wol hanya tersenyum dan menjawab secara singkat, “Anda datang dari mana?”

Sampai berjalan masuk ke dalam lift, ia hanya menjawab berbagai pertanyaan wartawan dengan senyuman manis. Hyong Song-wol termasuk salah satu vokalis kenamaan Korea Utara di era 90-an. Suaranya jernih dan enak didengar. Kabarnya, Kim Jong-un jatuh cinta kepadanya tak lama setelah ia menyelesaikan study di Swiss, tetapi saat itu, ayahnya Kim Jong-il tidak merestui hubungan mereka sehingga diakhiri.

Hyong Song-wol kemudian membentuk keluarga bersama seorang perwira militer Korea Utara dan memiliki seorang anak. Agustus 2013, Harian Korea Utara ‘Chosun Ilbo’ memberitakan bahwa Hyong Song-wol karena bertentangan dengan instruksi Kim Jong-un, memproduksi dan mendistribusikan benda-benda pornografi, sehingga dieksekusi bersama beberapa anggota dari grup musik itu. Namun demikian, berita tersebut disangsikan oleh banyak pihak.

Hyong Song-wol muncul di Forum Pertemuan Para Seniman se Korea Utara ke 9 pada bulan Mei tahun lalu dan menyampaikan pidato, dengan demikian menyingkirkan rumor tentang dirinya dieksekusi.

Moranbong Bank merupakan grup musik ternama di Korea Utara, anggotanya terdiri dari para wanita cantik pilihan. Grup tersebut selain memainkan lagu-lagu khas Korea Utara yang menyannjung kebesaran pemimpin meereka, mempropagandakan totaliter, juga mempertunjukkan kebolehan mereka dalam memainkan musik-musik pop Barat.

Para komentator berpendapat bahwa penampilan Moranbong Band di Beijing mungkin bertujuan untuk memperbaiki hubungan antara kedua negara yang mulai retak. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular