Cengkeh mengandung komponen aktif yang disebut eugenol, yang bermanfaat untuk mendetoksifikasi racun di tubuh serta dapat mengobati beberapa penyakit seperti radang sendi dan kanker tertentu. Menurut Penelitian terbaru ditemukan bahwa cengkeh dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kestabilan gula darah pada penderita diabetes serta mengobati gangguan pernapasan.

Berikut manfaat kesehatan dari cengkeh lainnya :

Membantu pecernakan

Cengkeh meningkatkan pencernakan dengan membantu meningkatkan sekresi enzim pencernaan dalam tubuh. Selain itu, cengkeh juga dikenal sebagai obat alami yang dapat mengurangi perut kembung, iritabilitas lambung dan rasa mual. Umumnya, cengkeh di konsumsi dalam bentuk bubuk yang dicampur dengan madu untuk mengobati gangguan pencernaan.

Mengendalikan diabetes

Cengkeh telah lama menjadi obat warisan nenek moyang untuk mengobati diabetes. Penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak cengkeh dapat membantu dan mengednalikan mengelola kadar gula dalam darah.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Cengkeh adalah salah satu ramuan alami dan efektif untuk melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan senyawa dalam cengkeh bermanfaat untuk meningkatkan jumlah sel darah putih, sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan hipersensitivitas yang tertunda.

Mengobati sakit kepala

Cengkeh memiliki kemampuan untuk mengurangi dan mengobati sakit kepala hanya dalam beberapa menit. Campur sedikit bubuk cengkeh dengan sedikit garam dalam segelas susu dan segera diminum untuk mengurangi sakit kepala Anda.

Mengobati penyakit mulut

Cengkeh dapat dikonsumsi untuk mengobati penyakit mulut seperti radang gusi dan periodontitis. Juga menghilabgkan nyeri dan sakit gigi. Hal ini karena cengkeh dapat bermanfaat untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri patogen lisan yang menyebabkan penyakit mulut Anda.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular