Hidup sehat hingga memperpanjang umur adalah dambaan sebagian orang. Orang-orang jaman dahulu, bisa mencapai umur panjang hingga ratusan tahun. Seiring perkembangan kehidupan manusia yang semakin tidak berpola sehat, umur ratusan tahun seakan hanya tinggal impian semata.

Berikut 10 kebiasaan makan yang memungkinkan Anda hidup panjang umur.

1.Minum dua gelas air sebelum makan

Dimaksudkan untuk menjaga kecukupan air dan untuk mengontrol nafsu makan. Penelitian di Belanda menunjukkan bahwa minum dua gelas air sebelum makan mengurangi rasa lapar dan asupan makanan, dan dengan demikian memainkan peran dalam penurunan berat badan.

2. Minum vitamin setelah sarapan

Vitamin suplimen yang cocok untuk diri masing-masing sebaiknya diminum setelah makan pagi. Mengapa demikian? Karena agar tubuh memiliki energi dalam menunjang kegiatan kita seharian dan mengurangi beban yang berlebihan pada ginjal.

3.Tambahkan kopi ke dalam susu bukan susu ditambahkan ke dalam kopi

Awali hari dengan minum segelas kopi susu rendah lemak / skim. Cara membuatnya: 1 gelas susu rendah lemak / skim yang diminum terlebih dulu 1/5 bagiannya, kemudian tambahkan kopi ke dalam gelas hingga penuh kembali. Anda sebenarnya sedang mengisi 25% vitamin D dan 30% kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Minum segelas besar air setelah makan makanan cepat saji

Kandungan kalori dan garam dalam makanan cepat saji umumnya melampaui batas. Walau lemak yang terkandung terpaksa ditelan, tetapi segelas besar air dapat membantu Anda mencairkan konsentrasi sodium untuk menghindari tekanan darah tinggi.

5. Kesempatan makan bawang jangan disia-siakan

Bawang di dalam masakan sering disingkirkan atau dibuang. Tahukah Anda bahwa bawang banyak mengandung flavonoid si pelindung jantung. Manusia wajib mengonsumsinya. Apalagi sewaktu makan makanan yang kurang sehat seperti barbekyu, bawang menjadi “penyelamat”.

6. Minum teh hitam yang dicelup dalam air dingin

Studi pertanian di Amerika menemukanbahwa dibanding dengan sayur kubis atau wortel, teh hitam banyak mengandung bahan antioksidan yang dapat membantu mengatasi keriput atau mencegah kanker. Air dingin (bukan air es) tidak merusak zat-zat yang bermanfaat yang terkandung dalam teh, yang dibutuhkan hanyalah kesabaran menunggu waktu lebih lama ketimbang teh yang diseduh dengan air panas.

7. Makan makanan tambahan atau snack sore jam 3 sore

Serangan kantuk mungkin diakibatkan oleh tidak makan pagi. Tetapi makan makanan untuk menambah vitalitas di pertengahan antara jam makan siang dan malam dirasa perlu. Buah, biskuit, yoghurt adalah pilihan terbaik.

8. Menetapkan disiplin minum air adalah tugas sehari-hari

Kesibukan kerja akan membuat Anda lupa minum. Siapkan 1 botol berisi 1,5 liter air di atas meja Anda. Habiskan sebelum pulang.

9. Makan sayur dengan mencocol

Tidak hanya makanan barbekyu yang banyak mengandung kalori, saus juga sama tingginya. Maka sayur sebaiknya dicocolkan ke dalam saus atau salad yang disediakan dalam mangkuk. Disamping untuk mengurangi kelebihan kalori yang kita makan, juga lebih mengirit saus.

10. Ada sayuran yang harus dimakan bersama daging

Labu, wortel mengandung sejumlah besar β – karoten, dan karena itu tidak baik jika dimakan polos, sebaiknya digoreng dengan sedikit minyak atau dibuat salad. Kalau labu dimasak dengan bubur, pastikan hidangan lainnya berminyak biar bertemu dalam perut. (Str/Yant)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular