Keterangan gambar Ilustrasi

Oleh Wen Shufan

Kematian secara tiba-tiba Chairman Grup Dalian Shide baru-baru ini selain mengejutkan masyarakt juga menimbulkan berbagai spekulasi. Namun, sebelum pihak berwenang memberikan tanggapan soal kematiannya, sebuah media resmi Tiongkok justru mengungkit masalah hubungan kerjasama antara Xu Ming dengan kelompok Osama bin Laden di masa lalu.

Media pemerintah ‘Huanqiu’ baru-baru ini menerbitkan sebuah artikel yang menyebutkan bahwa Xu Ming mendirikan perusahaan Dalian Shide Petrochemical Co. pada 24 November 2000 saat Bo Xilai masih menjabat Sekretaris Partai kota Dalian. Xu Ming yang mengangkat diri sebagai Chairman perusahaan memiliki hak untuk bertindak atas nama perusahaan.

Dari data yang terdaftar pada Dinas Perdagangan dan Industri Tiongkok diketahui bahwa modal disetor perusahaan seluruhnya berjumlah USD. 21.36 juta dan USD. 9.61 juta di antaranya adalah modal yang berasal dari kelompok usaha Mohammed bin Laden (ayahanda Osama bin Laden), yang merupakan salah satu kelompok usaha terbesar di Arab Saudi.

Setelah kerjasama dengan kelompok bin Laden dilakukan, Xu Ming berencana menginvestasikan RMB. 42.6 juta untuk membangun sebuah proyek petrokimia di daerah Teluk Ganda, bagian kota Weihai, Shandong. Namun proyek tersebut akhirnya tidak berlanjut karena tidak mendapat ijin pemerintah meskipun Bo Xilai dan Menteri Perdagangan saat itu telah membantu mempromosikannya. Penolakan itu kabarnya menjadi pukulan berat bagi perusahaan Dalian Shide Petrochemical yang saat itu sudah mengantongi ijin impor minyak olahan.

Xu Ming banyak memberikan dukungan dana bagi kegiatan Bo Xilai. Ia bahkan dijuluki ‘Menteri Keuangan’ oleh kelompok Bo dan Zhou karena dukungan dana untuk keperluan kudeta. Ia dibawa oleh pihak berwenang pada 15 Maret 2012 karena dugaan terlibat kasus ekonomi. Setelah Bo Xilai dijatuhi hukuman seumur hidup oleh pengadilan pada September 2013, Xu Ming juga dijebloskan ke penjara karena dituduh terlibat kasus penyuapan. Ia kemudian dikabarkan meninggal dunia di penjara pada 4 Desember dalam usia 44 tahun. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular