Keterangan gambar: Desain baru bendera New Zealand yang terpilih melalui referendum. (internet)

Oleh CNA wellington

Desain baru bendera New Zealand hari ini sudah terpilih melalui referendum. Selanjutnya masyarakat akan diajak ikut menentukan apakah desain baru ini akan dijadikan bendera nasional menggantikan yang lama?

Associated Press memberitakan bahwa mailing referendum hari ini mengumumkan hasil akhir. AFP juga melaporkan, komisi pemilihan (desain bendera) New Zealand mengatakan bahwa hasil perhitungan suara akhir tidak berbeda dengan suara yang dihitung pada pekan lalu.

Media New Zealand stuff.co.nz menyebutkan, jumlah keseluruhan suara yang diterima komisi pemilihan adalah 1.546.743 dengan tingkat partisipasi pemilih adalah 48.78%. Desain bendera baru yang terpilih adalah warna dasar bendera hitam dan biru, setangkai daun pakis berwarna perak di sebelah kiri dan 4 buah bintang berwarna merah di sebelah kanan. Desain baru bendera New Zealand tersebut akan ‘diadu’ dengan desain bendara lama pada Maret tahun depan apakah akan menggantikan bendera lama.

Wakil Perdana Menteri New Zealand Bill English mengatakan, “Pilihan kita ini adalah pilihan bersejarah.”

“Kita sekarang jadi memiliki waktu yang cukup untuk mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh perbedaan antara bendera yang baru dengan yang lama, yang mana yang benar-benar bisa mewakili kita baik sekarang maupun di masa mendatang,” kata Bill.

Share

Video Popular