Oleh: Dhyana Pramana – Epoch Times

Wisata bahari tampaknya akan mengalami sebuah evolusi yang baru. Impian wisatawan untuk bisa menikmati pemandangan bawah laut sekaligus akses mudah untuk snorkling dan diving, mendekati kenyataan. Setelah menerima hak paten desain, Planet Ocean Underwater Hotel, sebuah proyek untuk pembuatan hotel mewah bawah laut, akan merealisasikan ide baru ini. Wahana ini akan menjadi hotel bawah laut pertama yang bisa bergerak.

Tony Webb, direktur Planet Ocean Underwater Hotel yang juga seorang penggiat wisata perjalanan ekstrem, mengatakan bahwa konsep hotel bawah air ini sebenarnya bukanlah hal yang baru. Banyak pengusaha di Dubai dan Abu Dhabi telah merencanakan hal yang lebih besar. Tetapi kebanyakan harganya pada kisaran Rp 140 -. 154 miliar per ruangan. Aquapods di Planet Ocean dibuat dengan harga  yang lebih terjangkau.

Seperti dikutip oleh foxnews, Webb mengatakan, dengan hanya Rp 42 miliar, ia bisa membuat “satu ruang untuk tamu dengan elevator dan wahana penunjang”. Ini akan memberi wisatawan kesempatan untuk bermalam pada kedalaman 10 meter di bawah permukaan air laut.

Dengan posisi 50 meter di bawah air laut, plus visibilitas yang sangat baik, ada berbagai kemungkinan tak terbatas yang bisa dilakukan di hotel ini. “Anda bisa melakukan scuba, snorkeling dan yang paling penting menikmati pemandangan bawah laut dengan orang penting di samping Anda,” tambah Webb.

Berbeda dengan hotel bawah laut lainnya, wahana ini tergolong kapal bergerak. Ia dapat bergerak ke lokasi yang lebih aman jika kondisi laut memburuk. Ini akan sangat membantu di saat terjadi badai atau arus laut yang terjadi secara tiba-tiba.

Planet Ocean mematenkan desain berukuran 6 x 4 meter. Wisatawan akan menikmati tempat tidur ukuran jumbo, kulkas, ruang tamu, ruang hiburan, serta kamar mandi di tiap kamarnya. Peralatan atau sertifikasi selam tidak diperlukan, membuat hotel ini menjadi lebih mudah diakses bagi wisatawan.

Sekarang, prototipe pertama dari desain ini sedang dibuat di Florida. Hasilnya akan dikirim ke Kuba untuk uji fungsi dan uji pakai di sebuah resort pribadi. Rencananya, wahana mewah ini akan ditawarkan ke beberapa negara yang terkenal akan keindahan bawah lautnya, termasuk Malaysia, Filipina dan Indonesia.

Share

Video Popular