Menurut kedokteran Tiongkok, hipertensi itu disebabkan oleh sirkulasi darah yang tersumbat. Dengan cara moxibustion (terapi panas yang akan menghasilkan moksa ketika dibakar di permukaan kulit) menggunakan hair dyer atau pengering rambut pada titik meridian “Qu Chi” juga bisa secara efektif menurunkan tekanan darah.(Fotolia)

Hipertensi adalah penyakit serius yang memengaruhi sistem kardiovaskular, mudah menyebabkan komplikasi serius dari penyakit jantung, stroke, aterosklerosis dan sejenisnya. Menurut kedokteran Tiongkok, hipertensi disebabkan oleh sirkulasi darah yang tersumbat. Dengan cara moxibustion, menggunakan hair dyer atau pengering rambut pada titik meridian “Qu Chi” dan titik meridian “Shao Hai” bisa secara efektif melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah. Terapi panas dari hair dryer, juga dapat memberi efek memperbaiki fisik Anda.

Titik meridian Qu Chi (posisi di ujung sisi sebelah samping lipatan siku)

Titik meridian Qu Chi adalah titik yang dilalui meridian tangan usus besar, yaitu tempat berkumpulnya darah. Peran meridian Qu Chi cukup banyak, bisa digunakan untuk menyembuhkan nyeri siku dan lengan atas, tekanan darah tinggi, urtikaria, demam, gastroenteritis akut, namun, fungsinya yang paling praktis adalah menurunkan tekanan darah.

Jalur meridian Qu Chi dimulai dari telunjuk, melewati lengan, bahu dan wajah. Dengan merangsang titik meridian ini, dapat menghilangkan kemerahan wajah karena gejala tekanan darah tinggi, sekaligus menurunkan tekanan darah.

Patokan meridian : Dapat ditentukan lokasinya setelah siku ditekukkan, karena titik ini letaknya pada ujung lipatan siku, dilokasi lipatan siku akan ada garis yang melintang, dan tepat di ujung sisi luar dari garis melintang itulah posisi meridian “Qu Chi”.

Titik meridian Shao Hai (terletak di lipatan siku sisi bagian dalam)

Meridian Shao Hai tergolong dalam ketegori titik yang dilalui meridian Shao Yin tangan / jantung. Meridian ini sangat berkhasiat dalam memperbaiki sistem peredaran darah, aritmia (tidak ada irama jantung), palpitasi (denyut jantung yang cepat), gelisah, insomnia dan sebagainya.

Posisi meridian Shao Hai dimulai dari jari manis melewati lengan, menuju ke meridian jantung, dapat mencegah peningkatan denyut jantung, juga sangat efektif terhadapo gejala tinnitus/ dengung telinga.(Jhn/Yant)

Share

Video Popular