Kepala TETO di Indonesia Chang Liang-Jen menyerahkan bantuan yang diterima Ginandjar Kartasasmita (Humas PMI Pusat)

JAKARTA – Pemerintah dan rakyat Taiwan melalui perwakilannya di Indonesia, Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) memberikan bantuan dana kepada Indonesia untuk rekonstruksi pasca dampak bencana asap di Gedung Palang Merah Indonesia (PMI) Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (15/12/2015).

Kegiatan serah terima dana berjumlah USD 200.000 dilakukan Kepala Kantor TETO di Indonesia, Chang Liang-Jen secara langsung kepada pimpinan Palang Merah Indonesia (PMI) Ginandjar Kartasasmita. Penyerahan ini disaksikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga menjabat Ketua Umum PMI.

Menurut Kepala TETO di Indonesia, Chang Liang Jen, kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan mengakibatkan kerugian ekonomi yang besar di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Kebakaran ini, lanjutnya, juga membuat masyarakat terganggu terakait kesehatan mereka.

Dia menambahkan Taiwan dan Indonesia mempunyai hubungan persahaban yang erat, oleh karean itu diharapkan sumbangan dana yang diberikan rakyat Taiwan tersebut dapat membantu masyarakat Indonesia di daerah bencana agar segara pulih dan sehat kembali serta meningkatkan upaya pencegahan bencana.

Chang menambahkan, Taiwan tak pernah absen pada saat Indonesia membutuhkan uluran tangan persahabatan. Sebagaiman pada 2013 lalu, Asosiasi Pengusaha Taiwan di Indonesia bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta telah menyumbang 200 ton beras untuk masyrakat miskin Jakarta. Hal serupa juga dilakukan pada 2014, saat banjir di Jakarta, Taiwan menyumbangkan dia truk sampah dan sprinkle kepada Pemprov DKI Jakarta.

“Ini menunjukkan Taiwan dan Indonesia melalui kerjasama yang baik, mengembangkan persahabatan yang erat dan diharapkan hubungan Taiwan dan Indonesia dapat terus ditingkatkan,” harapnya. (asr)

Share

Video Popular