Gula merah berasal dari berbagai sumber alami seperti lontar, kurma dan kelapa. Dengan kandungan nutrisi yang tinggi seperti kalsium, fosfor, zat besi dan mineral lainnya sangat diperlukan oleh tubuh. Selain itu, gula merah juga sangat baik untuk membantu pencernaan bayi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, mencegah anemia, membersihkan jantung dan memperkuat tulang bayi Anda.

Namun, gula merah yang diberikan pada bayi, harus dalam batas normal saja, karena jika diberikan secara berlebihan, bayi mungkin dapat menderita cacingan dan kecanduan, serta dapat mempengaruhi kesehatan bayi akibat kalorinya yang tinggi.

Berikut beberapa manfaat lainya dari gula merah untuk bayi.

Mencegah anemia

Gula merah adalah sumber zat besi yang baik dan diperlukan dalam produksi hemoglobin. Menambahkan sedikit gula merah pada makanan bayi, dapat bermanfaat untuk menambah zat besi dan mencegah risiko akan kekurangan zat besi serta dapat memenuhi kebutuhan harian mineral bayi

Mencegah sembelit

Gula merah dapat melancarkan buang air besar dan membantu mencegah sembelit pada bayi. Selain itu,juga bermanfaat untuk mengaktifkan enzim pencernaan, meningkatkan pencernaan pada bayi, mendetoksifikasi tubuh bayi, mengalirkan keluar racun dari tubuh serta membersihkan jantung bayi.

Memperkuat tulang

Gula merah merupakan sumber yang baik dari mineral, kalsium dan fosfor. Nutrisi ini diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan jaringan pada tubuh bayi.

Mengatasi dingin dan flu

Karena sistem kekebalan tubuh bayi lemah, maka bayi akan sering menderita dingin, flu dan batuk. Gula merah efektif dalam mengobati gejala dingin dan flu. Dengan menambahkan sedikit gula merah dalam makanan bayi, juga dapat memberikan bantuan yang cepat dalam mengobati penyakit ringan pada bayi Anda.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sumber yang kaya antioksidan dan mineral seperti selenium dan seng dapat membantu mencegah risiko kerusakan sel akibat aktivitas radikal bebas. Ini dapat membantu bayi untuk melawan infeksi serta meningkatkan tingkat kekebalan tubuh bayi.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KESEHATAN

Video Popular