Ketika orangtua memandang anak mereka, mereka ingin yang terbaik dalam dirinya. Setiap orangtua ingin memberikan segalanya untuk membuat anaknya senang. Tetapi bagaimana jika, dalam proses ini, Anda membuat kesalahan terburuk dengan anak Anda, sehingga Anda tidak bisa memaafkan diri sendiri?

Berikut ada 10 kesalahan orangtua terburuk dalam mengasuh anak.

Mengajarkan tak kenal takut

Mengajar anak Anda agar tak kenal takut, tidak dapat membantu anak untuk hidup dengan baik. Sebagai orangtua, Anda seharusnya mengajarkan serta memberi tahu anak untuk memahami perbedaan kapan menjadi tak kenal takut dan tidak.

Membiarkan anak dengan yang manis-manis

Banyak orangtua membiarkan anak mereka untuk mengonsumsi permen dan makanan ringan yang tidak sehat. Hasil semacam ini kesalahan juga, karena dapat mengganggu kesehatan anak, khususnya ketika anak mencapai usia pubertas.

Membandingkan anak

Membandingkan anak Anda dengan anak yang lain adalah hal tidak baik dan harus dihindari. Ini dapat mempengaruhi perkembangan metal anak Anda sehingga menyebabkan anak menjadi depresi dan frustrasi. Anda disarankan sebaiknya dapat melatih dan mengembangkan bakat serta kemampuan anak Anda dan bukannya hanya membandingkan mereka dengan anak yang lain.

Membuat anak cepat dewasa

Hal ini bagus untuk mendidik anak-anak Anda pada hal-hal yang modern dalam kehidupan. Namun, ketika orangtua mengajari serta mendorong anak hal –hal yang melebihi usia anak, maka anak Anda akan cenderung untuk berperilaku lebih dewasa dari usia yang sebenarnya, sehingga dapat merusak kepolosan yang dimilikinya.

Melindungi anak secara berlebihan

Kesalahan terburuk dari para orangtua terhadap anaknya umumnya adalah melindunginya secara berlebihan. Melindungi anak secara berlebihan hanya dapat membuat anak manja dan tidak dapat hidup mandiri,sehingga anak tidak dapat membedakan mana yang salah dan yang benar,sampai dewasa nantinya.

Melarang anak untuk berekspresi

Hal ini penting untuk anak-anak Anda untuk mengekspresikan diri, tidak peduli berapa usia mereka. Hanya mendengarkan anak-anak Anda ketika mereka berbicara akan membuat ikatan Anda lebih khusus dan kuat. Jadi, biarkan anak -anak Anda untuk mengekspresikan diri.

Tidak mengajarkan sopan santun

Sebagai orang tua, Anda harus mengajar anak Anda sopan santun dan nilai-nilai moral. Dengan mengajar anak sopan santun dan tata krama, dapat menjadi bekal serta pendidikan moral bagi anak hingga dewasa nantinya.

Berteriak

Kesalahan orangtua yang tidak baik juga adalah suka berteriak dan meluapkan kemarahan pada anak –anaknya. Jika Anda mengalami masalah ditempat kerja atau dirumah, Anda sebaiknya dapat bersabar dan tidak marah- marah atau berteriak pada anak Anda. Karena hal ini dapat berdampak besar bagi pengembangan mental, watak dan jiwa anak. Sehingga anak juga akan mudah meniru perilaku orang tunaya yang tidak baik.

Berasumsi pada anak

Orangtua seharusnya menghindari untuk selalu membuat asumsi ( prasangka )yang tidak baik terhadap anak – anaknya. Dengan berasumsi, Anda dapat menciptakan situasi yang meragukan, sehingga dapat merusak hubungan Anda dengan anak Anda.(Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular