Keterangan gambar: Ilustrasi planet Wolf 1061c yang jauhnya hanya 14 tahun cahaya dari bumi. (Screenshot Video)

Oleh : Lin Yan

Baru-baru ini ilmuwan telah menemukan planet dari “Bumi Lain”dengan jarak paling dekat dari bumi yang pernah ditemukan selama ini. Planet yang bernama Wolf 1061c ini terletak di konstelasi Ophiuchus dan hanya 14 tahun cahaya jauhnya dari bumi.

Melansir laman the Sydney Morning Herald, Kamis (17/12/2015), planet Wolf 1061c mengorbit pada bintang Katai Merah tipe-M yang disebut Wolf 1061, terletak di konstelasi Ophiuchus, adalah planet layak huni di luar tata surya dalam jarak paling dekat yang pernah ditemukan selama ini.

Dr Duncan Wright, salah satu peneliti utama dari University of New South Wales (UNSW), Australia, mengatakan, bahwa temuan ini sangat menarik, karena massa dari tiga planet yang cukup rendah itu berpotensi menjadi planet berbatu dan memiliki permukaan padat. Wolf 1061c terletak di zona layak huni “Goldilocks”, yang berkemungkinan mengandung cairan air, atau bahkan kehidupan.

“Wolf 1061 tergolong dalam bintang Katai Merah tipe-M, yang mengorbit dikelilingi oleh tiga planet di sekitarnya. Ketiga exoplanet yang terdiri dari jarak dekat dan jauh itu masing-masing adalah “Wolf 1061b, Wolf 1061c, dan Wolf 1061d. Ketiganya masing-masing perlu waktu 5, 18, dan 67 hari untuk sekali mengorbit bintang induknya. Sementara massa planet-planet itu masing-masing 1.4, 4.3 dan 5.2 kali dari massa Bumi,” kata Dr.Duncan wright, penulis utama dari University of New South Wales, Australia.

Jarak Wolf 1061c ke bintang induknya tidak jauh tapi juga tidak dekat, karena itu suhunya juga tidak menentu. Sementara itu, peneliti lain yani Dr. Rob Wittenmyer mengatakan, “Planet-planet ini lebih dekat jaraknya dari Wolf 1061,ini menunjukkan bahwa kemungkinan orbit lintasan dari planet-planet ini melewati permukaan bintang. Jika demikian, maka kita bisa mempelajari atmosfer planet-planet ini di kemudian hari, mengamati apakah kondusif untuk mengembangbiakkan kehidupan.”

“Di galaksi kita terdapat sekitar 100 miliar bintang, setengah darinya adalah bintang katai merah semacam Wolf 1061. Dan berdasarkan hasil pengamatan teleskop Kepler, lebih dari setengah bintang tersebut merupakan planet berbatu.” Oleh karena itu, banyak planet yang perlu dijajaki dan diselami lebih lanjut,” kata Dr. Wright. (joni/rmat)

 

Share

Video Popular