Keterangan foto: Jiang Zemin (kiri) dan putranya Jiang Mianheng (kanan). (internet)

Oleh Chen Yuqing

Dalam artikel yang dimuat majalah Trend Hongkong edisi Desember ini, terdapat satu berita yang menyebutkan bahwa mantan pemimpin Partai Komunis Tiongkok (PKT), Jiang Zemin baru-baru ini menyampaikan beberapa kekhawatiran. Salah satunya adalah soal tekanan kuat dari upaya anti korupsi rezim Xi Jinping yang membuatnya kian stres. Dengan dipecatnya Wakil Walikota Shanghai Ai Boujun beberapa waktu lalu, membuat kobaran api anti korupsi makin mendekati keluarganya.

Sejak Xi Jinping memegang kekuasaan, sudah lebih dari 100 orang pejabat tinggi setingkat propinsi dan menteri Tiongkok telah dipecat akibat korupsi. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang kelompok Jiang Zemin. Meskipun Jiang sudah berulang kali untuk mencoba menggagalkan anti korupsi, namun selalu berakhir dengan kegagalan. Barisannya pun semakin menyusut dan tercerai-berai, termasuk Zhou Yongkang, Bo Xilai, Su Rong, Xu Caihou, Guo Boxiong dan lainnya sudah ditangkap. Xu Caihou sudah meninggal pada 15 Maret tahun ini karena sakit.

Media Hongkong sebelumnya memberitakan bahwa Jiang sangat tidak puas terhadap Wang Qishan yang bersikeras akan mengkasuskan tindak korupsi Zeng Qinghong dan Li Changchun. Untuk mencegah tindakan Wang Qishan itu, Jiang sampai mengeluarkan surat pribadi yang ditujukan kepadanya dengan isi yang disampaikan antara lain : Komisi Pengawas Kedisiplinan PKT sekarang tampaknya sudah membenarkan rumor sebagai bukti korupsi, bahkan begitu saja mengikuti apa yang diungkapkan oleh beberapa media reaksioner di Hongkong sebagai petunjuk pengusutan. Ini sangat merusak reputasi sejumlah veteran. Jiang juga menyebut baahwa “Ini yang tidak bisa diterima.”

Tulisan lain dalam surat itu tidak perlu diungkapkan, namun sumber berita mengatakan, “Meskipun surat tersebut tidak ditulis tangan oleh Jiang Zemin tetapi dicetak dan ditandatangani olehnya.”

Sesuai dengan prosedur organisasi PKT, maka Wang Qishan menyampaikan surat tersebut kepada Komite Sentral untuk diproses, dan dibawa ke pertemuan terbuka dengan Komite Tetap untuk dibahas. Kabarnya, Wang Qishan tidak terpengaruh oleh isi surat dan melanjutkan program kerja sesuai yang ditetapkan.

Saat ini, pengepungan yang dilakukan oleh Xi Jinping, Wang Qishan terhadap Jiang Zemin telah memasuki tahap tindakan substantif, kelompok Shanghai satu persatu rontok. Dengan tertangkapnya Ai Baojun berarti putra Jiang bernama Jiang Mianheng berada dalam situasi yang semakin tidak menguntungkan. (sinatra/rmat)

Share

Video Popular