Oleh: Liang Yan – Dhyana Pramana

Dunia medis tradisional Tiongkok melahirkan banyak tabib berbakat. Di antara tabib tradisional Tiongkok, Bian Que adalah salah satu yang paling terkenal. Dia dianggap sebagai “Tabib ajaib”.

Sejarawan Sima Qian membuat biografi yang menceritakan bagaimana Bian Que mendapat kemampuannya. Menurut catatan, dengan penglihatannya, Bian Que bisa melihat bagian internal dari tubuh pasien, dan mengetahui bagian yang diserang penyakit serta di mana penyakit bersembunyi. Bukankah ini mirip dengan foto Sinar-X yang kita kenal sekarang? Atau bahkan lebih akurat? Dengan pengamatan ini, ia menentukan penanganan apa yang harus dilakukan, dan bagaimana mengobati pasien.

Yang menarik adalah meskipun ia sangat tersohor di seluruh negeri, ia pernah menyatakan pada sebuah kesempatan bahwa di keluarganya, ia bukanlah yang terbaik, namun justru sebaliknya.

Suatu ketika Raja Wenhou dari Negara Wei bertanya kepada Bian Que, “Saya telah dengar bahwa Anda dan saudara-saudara Anda berprofesi sebagai dokter. Di antara Anda sekeluarga, siapa yang memiliki keterampilan medis terbaik?”

Bian Que menjawab, “Keterampilan kakak tertua saya adalah yang terbaik. Kakak kedua saya punya kemampuan terbaik kedua, dan saya yang terakhir.”

Raja Wenhou bertanya lagi, “Kenapa bisa demikian, bolehkan Anda jelaskan?”

Bian Que berkata: “Kakak tertua saya menekankan pada esensi dalam mengobati penyakit pasien. Ia menangani pasien dengan menghilangkan sumber penyakit sebelum ia terbentuk. Itu sebabnya reputasinya tidak pernah tersebar keluar dari lingkungan keluarga kami.”

“Kakak kedua saya menangani pasien ketika gejala ringan baru saja muncul. Ini kenapa reputasinya tidak pernah menyebar ke luar dari lingkungan tetangga kami.”

“Sedangkan, metode perawatan saya jauh lebih rumit. Saya memeriksa denyut nadi, memberi obat-obatan, melakukan akupunktur, dan sebagainya. Kondisi pasien saya biasanya kritis sehingga orang berpikir bahwa keterampilan medis saya yang paling hebat. Bahkan banyak pejabat dan penguasa yang tahu kemampuan saya ini.”

Orang Tiongkok kuno yang berkemampuan sangatlah unik. Seringkali mereka tidak memamerkan kemampuannya, sehingga jarang diketahui oleh orang awam.

Dikutip dari Heguanzi: Saudara-saudara Bian Que Berkemampuan Dalam Medis (pureinsight.org/Dpr)

Artikel dalam bahasa Inggris klik di sini.

Share

Video Popular