Beberapa tahun lalu, dua mahasiswa Amerika menciptakan sebuah “mesin cuci manual” GiraDora, prinsip kerjanya dengan tekanan pada pedal saat kita menduduki perangkatnya, mesin cuci ini sangat cocok digunakan di negara-negara berkambang yang minim dengan aliran listrik.

Meski demikian, Yirego, sebuah perusahaan elektronik asal Toronto, Kanada, sepertinya terinspirasi untuk membuat mesin cuci yang tidak membutuhkan itu semua, tapi secara fisik Drumi lebih mungil dan performanya lebih baik. Perusahaan tersebut mengklaim, mesin cuci Drumi mampu menghemat 80% konsumsi air dibanding mesin cuci pada umumnya.

Mesin cuci yang dinamakan Drumi ini hanya 22 inci tingginya, ringan, portabel, tidak makan tempat, dan tidak membutuhkan listrik, dirancang khusus untuk siswa. Mereka yang suka berkemah atau berpetualang di alam terbuka, dan sangat cocok di lingkungan yang sulit mendapatkan aliran listrik.

Di bagian bawah Drumi ada sebuah pedal kaki seperti pedal tong sampah, yang berfungsi sebagai tenaga laundry. Sementara bagian dalamnya adalah semacam drum melingkar yang digunakan untuk mencuci sekitar 6-7 potong (2.3 kg) pakaian. Mengenai cara kerjanya, pengguna cukup memasukkan pakaian yang hendak dicuci ke dalam mesin, kemudian tuang deterjen secukupnya dan 5 liter air dari lubang yang ada di atas mesin, setelah itu ditutup anda bisa mulai proses pencucian pakaian dengan pijakan kaki pada pedalnya.

Seperti yang dijelaskan pada website-nya, siklus dalam sekali pencucian bisa memakan waktu dua menit cuci, dua menit bilas dan semenit pemerasan atau penggelontoran air. Sementara untuk kebutuhannya sendiri adalah 5 liter air untuk mencuci dan 5 liter untuk pembilasan. Setelah 5 menit pencucian, tekan tombol pembuangan air. Kemudian tuang lagi sekitar 5 liter air untuk pembilasan dan pengurasan atau penggelontoran air. Jadi berulang kali bilas, mencuci pakaian dapat membuat. Perusahaan Yirego mengatakan, dibandingkan dengan mesin cuci tradisional, mesin cuci ini manusia dapat menghemat 80 persen dari konsumsi air

Pihak Yirego masih membuka tahap pre-order mesin cuci manual, sayangnya hanya terbatas untuk wilayah Amerika Serikat dan Kanada ; Harganya dipatok sekitar 129 dollar Kanada (USD 1 = 1,2 CA$) dan harga perkenalan ini telah ditutup sejak 29 Juni 2015 lalu.

Sementara untuk harganya sekarang, Drumi dibanderol US$ 299 atau sekitar Rp. 4.1 juta. Pihak Yirego kini sedang kampanye untuk penggalangan dana di situs IndieGoGo, dan menerima pre-order dengan harga yang lebih rendah, perusahaan terkait memperkirakan barang pesanan akan mulai dikirim pada musim gugur 2016 mendatang. (Jhon/asr)

Share

Video Popular