Keterangan gambar: NASA menangkap sebuah bintang baru bak sebilah pedang cahaya bermata dua di antara gumpalan awan molekul di konstelasi Orion menyemburkan materi bersuhu ultra-tinggi.(NASA

Oleh: Su Yang

 

Seiring dengan dirilisnya film “Star Wars Episode VII : The Force Awakens”, yang memicu booming di seluruh dunia, banyak fans meniru sebagai tokoh Jedi Knight dan tokoh lain dalam film tersebut. Sementara itu, baru-baru ini NASA berhasil menangkap sebuah bintang baru lahir di angkasa yang menyemburkan materi panas, yang sekilas terlihat seperti sebilah pedang cahaya (lightsaber) yang digunakan tokoh Jedi dalam film “Star Wars”, dan kebetulan momennya pas menyusul boomingnya film tersebut.

Kamis (17/12/2015) lalu, NASA mengumumkan bahwa teleskop Hubble berhasil menangkap sebuah bintang baru lahir yang menyemburkan materi super panas di sepanjang poros rotasinya. Di bawah efek dari medan magnet, materi-materi ini bak sebilah pedang cahaya bermata dua menyusup ke angkasa dengan kecepatan lebih dari 100,000 mil per jam.

Bintang ini terletak di dalam galaksi kami Bima Sakti, sementara tempat lahirnya dinamakan Orion Molecular Cloud Complex), jaraknya sekitar 1.350 tahun cahaya dari Bumi.

“Selama beberapa generasi, fiksi ilmiah selalu menjadi salah satu sumber inspirasi bagi ilmuwan dan insinyur, tak terkecuali dengan serial film “Star Wars,” kata John Grunsfeld, mantan astronot NASA.

Menurutnya ketika mengungkap misteri alam semesta, temuan teleskop luar angkasa Hubble ini merupakan kekuatan pendorong dalam ilmu pengetahuan yang sesungguhnya.

Peneliti NASA berharap bisa mengungkap misteri bintang baru terbentuk ini, dan bintang-bintang baru ini adalah target ideal bagi James Webb, sebuah teleskop ruang angkasa NASA yang memiliki penglihatan gelombang infra merah lebih besar untuk melihat lebih jauh ke dalam debu di sekeliling bintang-bintang yang baru terbentuk.

film “Star Wars : The Force Awakens” episode VII adalah serangkaian karya dalam film “Star Wars”, yang ditayangkan perdana secara serentak di LA-Los Angeles pada 14 Desember lalu. Film serial yang telah lebih dari tiga dekade dari pendahulunya yang dirilis pada tahun 1983 silam. (joni/rmat)

 

 

Share

Video Popular