Menurut teori Yin dan Yang, kaum wanita termasuk unsur Yin. Pada hakekatnya Qi kaum wanita bersifat lembut, rawan “kekurangan saripati Yin”, itulah karakteristik fisiologis perempuan. Perbedaan Yin dan Yang menentukan arah asupan yang bermanfaat bagi kaum lelaki dan perempuan, di masyarakat Tiongkok kuno dikenal pepatah “Pria tidak bisa meninggalkan daun bawang, wanita tidak bisa meninggalkan akar teratai”. Ada banyak jenis penyakit kewanitaan, dengan memakan akar teratai bisa mendapatkan penyelarasan yang baik.

Di dalam catatan pengobatan paling kuno dari Tiongkok, Kitab Shen Nong Herbal Klasik, terdapat catatan tentang khasiat akar teratai, yakni “menentramkan” bersemangat dan baik untuk Qi serta menghilangkan ratusan macam penyakit”; “sering mengonsumsinya badan serasa ringan dan awet muda”. Akar teratai bersifat ‘dingin’, berefek menghilangkan panas-dalam dan membuat darah adem, memperkuat unsur Yin dan mengaktifkan kelenjar air liur, adalah asupan yang baik untuk menyembuhkan penyakit kewanitaan lantaran kekurangan saripati Yin.

Gejala ”kekurangan saripati Yin” terutama berupa: pusing, sakit pinggang dan tenggorokan kering, jika mencapai taraf Yin melemah dan berubah panas, akan merasakan telapak kaki dan tangan terasa panas. Disaat seperti itu, sangat tepat guna untuk makan lebih banyak akar teratai, menyehatkan dan berkhasiat menyembuhkan.

Menoragia (haid yang berlebihan)

Menoragia biasanya lebih defisiensi disebabkan Qi lemah dan darah panas. Penyebab yang berbeda menyebabkan Menoragia, cara makan akar teratai pun berbeda.

Tipe Qi lemah: menoragia, dan warna darah agak terang, encer, disertai dengan jantung berdebar, sesak napas, perut bawah kembung dan gejala lainnya, hal ini lantaran darah tidak dapat mengalir dengan lancar. Akar teratai dimasak dengan iga adalah menu yang tepat, baik untuk Qi, juga dapat menghentikan pendarahan.

Tipe darah panas: Menoragia, dan warna darah cenderung gelap, bertekstur lengket, juga bisa muncul Yin lemah dan panas dalam melalui timbul rasa panas pada telapak kaki dan tangan serta gusi berdarah. Makan akar teratai secara mentah, dapat berefek mendinginkan darah dan menghentikan pendarahan.

Keputihan abnormal

Perempuan yang cenderung kekurangan dan lemah saripati Yin, mudah terkena keputihan, cairannya berwarna kekuningan dan berbau busuk. Dengan jus akar teratai, bunga jengger ayam merah 1-2 kuntum, direbus sampai mendidih lalu ditambahkan gula merah, diminum 2 kali sehari.

Capek, insomnia

Akar teratai memiliki khasiat mendinginkan liver, menghilangkan kegelisahan dan insomnia. Sebelum tidur minum sedikit bubuk akar teratai, atau akar teratai digongseng dengan bunga lily, dapat membantu Anda tidur.

Membersihkan akumulasi pendarahan pasca persalinan

Makan akar teratai mentah dapat membantu membersihkan akumulasi perdarahan intra abdominal (pasca persalinan), vitamin K memiliki efek penyusutan pembuluh darah dan penghentian pendarahan, juga dapat meningkatkan nafsu makan dan memperbaiki sekresi air susu.

Batuk kering

Akar teratai memiliki efek membersihkan paru-paru, jus akar teratai musim gugur, diminum dengan menambahkan madu secukupnya, untuk mengurangi batuk kering yang rawan terjadi pada musim gugur, juga sangat baik untuk batuk berdarah. (Hui)

Share

Video Popular