Jika Anda ingin mengajarkan anak untuk tidak menyela selama percakapan, Anda harus terlebih dahulu mendapatinya ketika anak melakukannya. Setiap kesalahan yang dilakukan anak adalah kesempatan bagi Anda untuk mengajarkan suatu hal yang baru untuk anak dan juga kesempatan bagi anak Anda untuk tumbuh berkembang.

Jadi, pertama-tama, jangan emosi atau marah. Jelaskan pada anak tentang pentingnya berkomunikasi yang baik. Jelaskan perlunya membiarkan orang lain untuk selesai berbicara dan kemudian mulai berbicara. Juga, katakan padanya bahwa itu adalah juga tentang sikap yang baik.

Berikut adalah bagaimana cara mengajar anak untuk tidak menyela pembicaraan.

Menjelaskan dasar-dasar berkomunikasi

Sebelum mengajar anak Anda untuk tidak menyela, mencoba untuk menjelaskan dasar-dasar berkomunikasi. Jika dua orang saat sedang dalam percakapan terganggu, percakapan tidak bisa berlangsung dengan cara yang harmonis. Satu orang tidak bisa menyampaikan perasaannya atau pendapat yang lain ketika ia sering terganggu. Jelaskan pada anak tentang hal tersebut.

Seni mendengarkan

Jelaskan pada anak, bagaimana proses percakapan dapat berlangsung dengan baik. Ketika dua orang sedang berbicara satu sama lain, mendengarkan dapat memainkan peran yang sangat penting. Beritahukan pada anak, jika tidak mendengarkan dengan penuh perhatian perkataan orang lain selama percakapan berlangsung, itu berarti tidak menghormatinya. Jelaskan pada Anak mendengar tanpa menyelah adalah menghargai lawan bicara.

Membingungkan

Mengganggu percakapan sehingga menjadi terputus dapat menyebabkan kebingungan dan orang lain sulit untuk memahami percakapan yang sedang berlangsung. Untuk menghindari kebingungan, salah satu pihak harus membiarkan lawan bicara untuk menyelesaikan percakapannya terlebih dahulu. Menunggu sampai orang lain selesai berbicara akan membuat segalanya lebih mudah dalam percakapan.

Kejelasan

Ketika kpembicaan berlansung tanpa halangan atau gangguan apa pun, kejelasan topik pembicaraan juga akan mudah diperoleh. Ajarkan kebajikan ini untuk anak-anak Anda. (Anai)

Share

Video Popular