Insomia dapat terjadi pada siapa saja, bukan hanya pada orangtua, namun juga pada anak – anak. Dan anak yang sering mengalami insomnia, dapat mengganggu tidurnya,sehingga sering kali anak tidak dapat tidur dengan nyenyak, cenderung mimpi buruk atau bahkan tidak tidur sama sekali.

Penyebab insomnia pada anak –anak secara umum adalah stres atau kondisi fisik yang terganggu,efek samping dari beberapa obat. Faktor lingkunganjuga dapat menjadi penyebab insomnia pada anak seperti terlalu banyak suara, tidak tidur dengan nyaman, sistem pencahayaan di kamar tidur anak dan sebagainya.

Berikut bagaimana membantu anak untuk mengatasi insomnia

1. Menetapkan jadwal  tidur

Hal ini sangat penting untuk menjaga jadwal tidur. Jika Anda melakukannya, tubuh anak Anda akan menyesuaikan sesuai dengan jadwal, mereka akan merasa mengantuk pada waktu. Jangan biarkan mereka melanggar jadwal selama liburan. Dengan demikian, mereka akan mengembangkan kebiasaan tidur yang sehat.

2. Memperbaiki kebiasaan tidur anak

Apakah anak-anak Anda menghabiskan terlalu banyak waktu di tempat tidur? Umumnya, anak – anak suka untuk melakukan segala kegiatan di tempat tidurnya, seperti mengerjakan tugas sekolah, makan dan sebagainya. Hentikan semua kebiasaan tersebut. Tempat tidur yang kotor tidak akan membut mereka tidur nyenyak. Jadi, ini adalah bagaimana menangani insomnia pada anak-anak Anda.

3. Mengamati tanda stres

Umumnya, anak-anak mengalami stres, karena berbagai sebab seperti : tempat tinggal yang baru, tekanan belajar, atau tekanan dari teman-temannya. Dan anak Anda mungkin tidak memberitahu Anda, namun sebagai orang tua, Anda dapat memahaminya dari perilaku gelisah dan mata anak saat tidur. Cobalah untuk menemukan alasan penyebab stres anak dan menenangkan mereka.

4. Mengajarkan anak cara bersantai

Untuk mengatasi insomnia pada anak-anak dapat menjadi lebih mudah, jika Anda mengajarkan mereka cara untuk bersantai. Metode pernapasan atau meditasi sebelum tidur dapat berfunsi sebagai obat efektif.

5. Singkirkan jam dari kamar anak

“Ini masih tengah malam dan aku masih tidak bisa tidur” – pikiran tersebut dapat membuat anak Anda merasa lebih cemas, sehingga mereka tidak akan dapat tidur kembali. Jadi, menyingkirkan jam dari kamar tidur. Juga, jangan biarkan ponsel di dekat tempat tidur mereka.

6. Menanamkan pikiran yang positif

Bagaimana menangani insomnia pada anak-anak Anda? Cobalah untuk menenangkan mereka. Meminta mereka untuk membayangkan pagi hari yang indah atau laut yang tenang. Anda juga dapat bercerita sebelum tidur yang dapat membuat mereka rileks. Mendukung dan mendorong ketika mereka membutuhkannya. Stabilitas mental sangat diperlukan untuk membuat anak tidur yang baik.

7. Jauhkan anak dari film horor

Anak-anak sering terbangun di tengah malam karena mimpi buruk. Mereka bahkan tidak dapat tidur kembali, karena pikiran bahwa sesuatu akan membunuhnya saat ia tidur. Jangan pernah membiarkan anak-anak Anda untuk menonton film horor atau membaca cerita tersebut.

8. Konsultasi dengan psikolog

Bagaimana menangani insomnia pada anak-anak Anda jika masalah terus berlanjut? Berkonsultasi dengan ahli psikolog. Metode tersebut bekerja pada kondisi psikologis anak tanpa obat apa pun. (Anai)

Share
Tag: Kategori: KELUARGA

Video Popular