Keterangan gambar: Ilustrasi

Oleh CNA Brussel

Komisioner Perdagangan Uni Eropa, Cecilia Malmstroem mengatakan bahwa Uni Eropa akan memulai negosiasi perdagangan bebas dengan Filipina mulai awal tahun depan. Uni Eropa telah mencapai kesepakatan perdagangan bebas dengan Singapura dan Vietnam.

Agence France-Presse memberitakan, Malmstroem dalam pernyataannya mengatakan bahwa mengadakan negosiasi perdagangan bebas dengan Filipina merupakan tonggak penting dalam hubungan antara Uni Eropa dan Filipina, juga merupakan pembuktian dari komitmen Uni Eropa terhadap Asia Tenggara.

“Filipina dalam beberapa tahun terakhir menjadi salah satu negara dengan perkembangan ekonomi tercepat di kawasannya. Kita harus memastikan bahwa perdagangan kita akan berjalan dalam situasi yang menguntungkan, meraih peluang berkembang di pasar yang memiliki konsumen mencapai 100 juta ini,” kata Cecilia Malmstroem.

Selain Filipina, Uni Eropa juga bernegosiasi perdagangan bebas dengan Malaysia dan Thailand. Kesepakatan untuk melaksanakan perdagangan bebas dengan Singapura dan Vietnam masing-masing telah dibuat pada tahun lalu dan tahun ini.

Kelima negara yang disebutkan di atas, semua merupakan anggota dari ASEAN yang juga beranggotakan Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos dan Myanmar.

Komisioner Perdagangan Uni Eropa mengatakan bahwa nilai ekspor negara-negara Uni Eropa ke Filipina tahun lalu berjumlah total EURO. 6,8 miliar, sedangkan nilai impornya mencapai EURO 5.7 miliar. (sinatra/rmat)

 

 

Share

Video Popular