Mengajar anak-anak untuk merawat lingkungan sangat penting yang merupakan tanggungjawab orangtua untuk masa depan mereka. Tapi kadang-kadang membantu merawat planet Bumi ini dapat merasa luar biasa untuk bahu si kecil. Hal-hal kecil yang bisa mereka lakukan untuk merawat lingkungan benar-benar membuat perbedaan besar.

Ada banyak cara untuk merawat lingkungan – dari menggunakan kembali barang-barang rumah tangga biasa untuk menempatkan kertas dan plastik dalam kotak daur ulang. Mendorong anak-anak untuk melakukan satu hal kecil, dan kemudian tambahkan lagi dan lagi. Juga pertimbangkan usia anak-anak Anda dan berapa banyak tanggungjawab yang mereka dapat menangani. Di atas semua, membuat urusan keluarga yang menyenangkan. Anak-anak belajar paling baik jika mereka bahagia dan dapat mencontoh perilaku kita.

Berikut adalah 10 cara untuk mendorong anak-anak untuk peduli lingkungan:

Sakelar daya: Salah satu cara sederhana kita dapat menghemat sumber daya Bumi adalah dengan tidak menggunakan listrik lebih dari yang kita butuhkan. Ajarkan anak-anak untuk mematikan lampu ketika meninggalkan ruangan dan mematikan TV jika mereka tidak menontonnya.

Tarik steker: Bahkan ketika elektronik dan peralatan dimatikan, mereka masih mengonsumsi energi jika terpasang di stopkontak listrik. Menghemat energi dengan mengajarkan anak-anak untuk mencabut sistem permainan, komputer, pengisi daya, atau peralatan audio mereka.

Tutup rapat kran air: Mendorong anak-anak untuk memeriksa kran air di rumah untuk memastikan kran tertutup rapat dan menginformasikan kepada orang dewasa jika ada kran bocor. Sebuah kebocoran, sekitar 2.400 galon air per tahun.

Matikan keran: Matikan kran saat anak-anak menggosok gigi. Ajarkan anak-anak untuk mematikan keran dan mengurangi waktu mandi untuk menghemat energi.

Menampung air hujan: Air dapat didaur ulang juga! Anak-anak sering menikmati air hujan. Lain kali saat hujan, menempatkan ember atau wadah di luar untuk menampung air hujan, persediaan air bisa digunakan untuk menyiram tanaman.

Gunakan sumber daya masyarakat: Perpustakaan menyediakan lebih banyak buku juga menyediakan CD, kaset audio dan DVD. Beberapa komunitas memiliki perpustakaan meminjamkan mainan. Pelajari tentang sumber daya masyarakat dan mendorong anak-anak untuk menemukan barang yang baru untuk mereka daripda membeli yang baru.

Menyumbangkan barang bekas: Pakaian, mainan dan barang-barang rumah tangga lainnya yang tidak lagi digunakan dapat disumbangkan ke organisasi bukan dibuang ke tempat sampah.Ajak anak-anak Anda menemukan sebuah organisasi lokal menyalurkan barang bekas Anda. Anak-anak merasa senang mengetahui mereka membantu komunitas mereka.

Peralatan makan anak: Kemasan makan siang anak-anak kita dapat menciptakan banyak limbah. Sebagian besar barang sekali pakai dapat diganti dengan yang dapat digunakan kembali. Libatkan anak Anda dalam menemukan cara-cara kreatif untuk paket makan siang yang sehat yang tidak meninggalkan sampah di belakang. Coba alat pemotong baja stainless murah bukan plastik, serbet kain daripada kertas, atau termos kaca dapat digunakan kembali, dan wadah plastik bukan plastik sekali pakai atau kertas.

Daur ulang: Mengajar anak-anak untuk menempatkan barang-barang di tempat daur ulang adalah cara penting untuk membantu lingkungan. Menemukan cara-cara kreatif untuk menggunakan kembali barang-barang rumah tangga lain. Buatlah tantangan menyenangkan bagi seluruh keluarga. Jadilah kreatif dan Anda akan terkejut betapa mudahnya kotak sereal kosong bisa diubah menjadi tempat surat, atau seberapa cepat sebuah kotak sepatu kosong bisa berubah menjadi wadah penyimpanan untuk foto dan karya seni. Kemungkinannya tak terbatas! Anda akan mengurangi limbah dan memiliki waktu yang menyenangkan dengan ide-ide baru anak-anak.

Berjalan atau bersepeda: Pergi ke suatu tempat tidak selalu berarti harus menggunakan mobil. Dorong anak Anda untuk berjalan atau naik sepeda mereka untuk perjalanan pendek. Selain mengurangi polusi, seluruh keluarga akan mendapatkan keuntungan dari beberapa latihan.

Membina untuk mencintai planet Bumi, dan mengajar anak-anak perilaku yang diperlukan untuk mempertahankan keindahannya, dapat dicapai apabila solusi sederhana diimplementasikan. Untungnya, anak-anak sering bersemangat dan antusias mengulurkan tangan untuk membantu. Dengan bimbingan, anak-anak akan tumbuh menjadi pengurus lingkungan sehingga dunia mereka akan menjadi tempat yang bersih dan aman untuk ditinggali.(Epochtimes)

Share

Video Popular