- Erabaru - http://www.erabaru.net -

Kim Jong-un Minta Maaf atas Insiden Moranbong

Keterangan foto: Korea Utara tiba-tiba membatalkan pertunjukan perdana rombongan musik Moranbong di Beijing pada 12 Desember. (AFP/Getty Images)

Korea Utara tiba-tiba membatalkan pertunjukan musik Moranbong yang rencana akan digelar di Beijing pada 12 – 14 Desember 2015 lalu dan memerintahkan rombongan yang terdiri dari wanita-wanita cantik Korea Utara itu untuk segera meninggalkan Beijing pada 12 Desember. Baru-baru ini media Jepang memberitakan bahwa Kim Jong-un mengutus pejabatnya ke Beijing untuk meminta maaf atas kejadian yang tidak menyenangkan itu.

Akibat Moranbong membatalkan pertunjukkan beberapa jam sebelum pagelaran, hubungan Tiongkok – Korea Utara jadi terganggu. Pihak Beijing mengangkat ‘komunikasi yang kurang baik di tingkat pelaksana’ sebagai alasan pertunjukan dibatalkan. Namun, pihak Korea Utara tidak memberikan alasan apapun dan media Korea Utara pun diam seribu bahasa.

Media Berita Ekonomi Jepang melaporkan, Kim Jong-un memutuskan untuk mengirim utusan khusus setingkat kabinet ke Beijing dalam rangka meminta maaf atas insiden pembatalan itu.

Media itu juga menyebut bahwa pihak Pyongyang masih berencana untuk mengatur penampilan rombongan musik Moranbong di Tiongkok menjelang Kongres Ketujuh Partai Buruh Korea Utara pada Mei tahun depan.

Menurut media Korea Selatan YTN bahwa karena terdesak masalah lain, pejabat tinggi Korea Utara yang diutus ke Beijing untuk melakukan negosiasi telah ditolak pihak Beijing.

Pembatalan mendadak pertunjukan musik Moranbong di Beijing menimbulkan berbagai dugaan kalangan luar, spekulasi terbaru berbunyi bahwa pihak Beijing pasti tidak akan menyetujui pertunjukan itu berlangsung di Tiongkok karena ada lagu-lagu mereka yang berlirik anti Amerika.

Selama bertahun-tahun Korea Utara diisolir oleh internasional, satu-satunya sekutu dekat yaitu Tiongkok di masa Partai Komunis Tiongkok masih merajalela. Setelah memegang jabatan presiden, Xi Jinping justru mengunjungi Korea Selatan dan berulang kali menolak rencana kunjungan Kim Jong-un ke Tiongkok. Karena itu hubungan kedua negara berubah jadi dingin. Ada sumber yang mengatakan bahwa pihak Beijing langsung mengirim 2.000 anggota militer dengan senjata lengkap ke perbatasan dengan Korea Utara untuk mengantisipasi provokasi Korea Utara atas insiden Moranbong. (sinatra/rmat)